Serunya Berenang di Kolam Renang Muara Kapuas Jeruju

Advertorial

Editor Andrie P Putra Dibaca : 139

Serunya Berenang di Kolam Renang Muara Kapuas Jeruju
KOLAM - Aktivitas di Kolam Renang Muara Kapuas, Jeruju, Pontianak Barat. (SP/Balasa)
PONTIANAK, SP – Menikmati keindahan sungai Kapuas sambil bermain seluncuran tentu menyenangkan. Memandang jauh ke arah sungai terpanjang di Indonesia sebelum terjun dari ketinggian di atas rata-rata, akan menghasilkan keseruan yang candu.Pengalaman ini yang bisa didapat di Kolam Renang Muara Kapuas, Jalan Kom Yos Soedarso, Pontianak Barat.

Lokasinya yang strategis, dengan empat kolam renang, water boom, wahana bermain dan menikmati tepian Kapuas, pemancingan serta kebun edukasi dan lapangan futsal, buat tempat ini layak dikunjungi. Tak hanya di akhir pekan. Di hari biasa pun, banyak yang antre.

Berada di tepian sungai Kapuas, kita memang harus menyusuri jalan gang untuk sampai ke sana. Jika tidak ingin berenang, sekadar bersantai di tepian sungai pun bisa jadi pilihan. Ada banyak balai-balai yang disediakan. Atau jika ingin mengenal pohon endemik, di sana ada tanaman belian, jati, putat, dan lainnya.

Pengelola Kolam Renang Muara Kapuas, Widodo bercerita, awalnya dia ingin mengubah wajah kawasan itu yang kurang Ruang Terbuka Hijau. Menggabungkan wisata air, tepi sungai dan menciptakan wahana bermain yang edukatif, diambilnya sebagai jawaban.

Wajah kawasan Jeruju tampaknya berhasil dia ubah. Tak hanya padat penduduk, tapi juga punya tempat wisata. Setidaknya ada sepanjang 200 meter pinggiran sungai yang disulap. Selaras dengan program Pemerintah Kota Pontianak dengan water front city yang ingin menjadikan sungai muka Pontianak.

“Tempat ini sudah beroperasi sejak Desember 2015, kini memiliki luas sekitar 20 ribu meter persegi. Rencananya akan terus dilakukan pengembangan. Seperti penambahan ruang pertemuan, juga bikin paket pertemuan di atas kapal dengan konsep mengelilingi sungai,” jelas Widodo.

Bukan hanya jadi daya tarik wisata, sebagian besar pekerja di sana adalah warga sekitar. Mereka bertugas mulai dari soal kebersihan, hingga pengawas kolam. Soal keamanan dan kenyamanan pelanggan, adalah nomor satu.

Kolam Renang Muara Kapuas buka dari pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Di hari Jumat, water boom ini baru buka di siang hari. Tak salah jika tempat ini dijadikan salah satu destinasi. Apalagi tiket masuknya cukup berkompromi.

"Harapan saya selain sebagai tempat wisata dan RTH, kawasan ini juga bisa sebagai objek edukasi bagi pengunjung," pungkasnya. (bls/pk)