Astra Motor Capai Target, CRF Motor Trail Terlaris di Indonesia

Advertorial

Editor Andrie P Putra Dibaca : 414

Astra Motor Capai Target, CRF Motor Trail Terlaris di Indonesia
Honda CRF 150L. (SP/Aep)
PONTIANAK, SP - Pasar sepeda motor trail kelas bawah di Indonesia, terus menggeliat. Jika dahulu hanya ada satu pemain, yakni Kawasaki, kini Honda merajai penjulana motor di segmen tersebut.

Mengandalkan satu model, CRF150L, honda berusaha memenuhi permintaan akan sebuah motor penggaruk tanah yang mumpuni dan harga terjangkau. Bahkan, kehadiran motor gagah ini, sudah menggeser Kawasaki yang punya tiga model KLX150.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), per Januari 2018 penjualan CRF150L mencapai 4.931 unit. Angka tersebut menjadi yang tertinggi sejak motor berbanderol Rp31 jutaan itu diluncurkan pada November tahun lalu. Sebelumnya, angka penjualan CRF150L hanya di kisaran tiga ribuan unit.

Kehadiran CRF150L terbukti bisa mengganggu angka penjualan Kawasaki KLX150. Terbukti, pada awal tahun ini motor yang masih menganut sistem karburator itu hanya laku 4.914 unit.

Honda hanya butuh waktu tiga bulan untuk bisa mengalahkan kedigdayaan KLX150 di pasar motor trail. Padahal, pada November 2017 penjualan KLX150 menembus angka lima ribuan unit.

"Baru meluncur November 2017, Honda CRF150L langsung menunjukkan seberapa bahayanya di segmen sepeda motor sport off road ringan, kelas 150cc," kata Marketing Promosi Astra Motor Pontianak, Prastya Agusta.
 
Berdasarkan data AISI termutakhir, Januari 2018, di pasar domestik Indonesia, Honda CRF150L yang hanya ada satu varian berhasil terjual 4.931 unit. Sedangkan Sedangkan Kawasaki KLX yang dipasarkan dalam tiga varian berbeda, terjual masing-masing 2.233 unit, 1.161, dan 1.520 unit, maka totalnya 4.914 unit.

"Memang sangat tipis bedanya, tapi, Honda tentu bisa klaim sudah berhasil menggeser Kawasaki dari penguasa sport trail 150cc di Indonesia, dengan fakta data ini," paparnya.

Sebagai pimpinan pasar, Honda memang tidak main-main menggarap segmen yang baru digarapnya ini. Sejak peluncuran CRF150L, Honda kerap mengadakan acara fun off road untuk komunitas, club, sampai konsumen umum yang mau trabas lintas alam.

"Untuk di Kalbar, Astra Motor Pontianak telah menjual 750 unit. Artinyta target 150 per bulan sudah terlampaui. Kami terus berusaha memberikan pelayanan terbaik, salah satunya adalah dengan selalu menyelenggarakan event pagi pelanggan," kata Prastya. (mul/biz)