Bank Mandiri dan TNI Gelar Program 'Petasan'

Advertorial

Editor Andrie P Putra Dibaca : 235

Bank Mandiri dan TNI Gelar Program 'Petasan'
Program perbatasan Bank Mandiri dan TNI. (ist)
SAMBAS, SP - Bank Mandiri merupakan Bank BUMN yang kegiatan utamanya adalah menyelenggarakan usaha jasa perbankan dan juga berwenang menjalankan Program Corporate Secretary Responsibillity (CSR). Porgram CSR Bank Mandiri diselenggarakan dalam bentuk tanggung jawab Bank Mandiri untuk kondisi sosial, pendidikan, dan lingkungan di masyarakat. Salah satunya Program Pengabdian Tanpa Batas di Perbatasan (Petasan).

Perbatasan merupakan perwujudan kedaulatan suatu negara. Perbatasan negara memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan keutuhan suatu wilayah. Dengan adanya batas negara ini, maka jelaslah kewenangan suatu bangsa dalam mengelola seluruh urusan pemerintahan yaitu meliputi politik, ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, pertahanan dan keamanan.

Salah satu sektor yang perlu mendapatkan perhatian di daerah perbatasan ini adalah sektor pendidikan terutama sekolah dasar untuk putra-putri generasi penerus bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, peningkatan kualitas pendidikan di perbatasan merupakan langkah penting untuk mengokohkan sistem pertahanan nasional di beranda depan bangsa melalui pendidikan moral, ilmu pengetahuan/ sains, bela negara, dan budaya.

Ariotejo Bayuaji selaku Regional Operation Head Bank Mandiri Kantor Wilayah Kalimantan menyampaikan bahwa Bank Mandiri menyambut baik dan mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas prakarsa dari jajaran TNI Korem 121 ABW di bawah komando Pangdam XII Tanjungpura, yang peduli dan aktif melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di daerah perbatasan Kalimantan Barat terutama di bidang pendidikan sekolah dasar.

Bank Mandiri yang memiliki visi spirit memakmurkan negeri, semangat ini kami wujudkan melalui kegiatan-kegiatan Coorporate Social Responbillity (CSR) dan kegiatan lainnya. Salah satunya melalui kegiatan pemberian bantuan hibah kepada sekolah atau institusi pendidikan.

Melalui kerjasama dengan jajaran TNI Korem 121 ABW ini, Bank Mandiri memberikan bantuan hibah CSR senilai Rp325.971.000,- untuk pembangunan sarana dan prasarana di 9 (sembilan) sekolah dasar sepanjang daerah perbatasan Kalimantan Barat dan Malaysia, tersebar di daerah Kabupaten Sambas, Bengkayang, Sanggau, Sintang, dan Putussibau, dan semoga bantuan ini dapat berguna untuk peningkatan proses belajar mengajar di sekolah daerah sepanjang daerah perbatasan.

Ahadi Subri, Area Head Bank Mandiri Area Pontianak juga menambahkan selain itu, Bank Mandiri juga hadir di daerah perbatasan dengan memberikan kemudahan transaksi layanan perbankan untuk masyarakat sekitar perbatasan dan para imigran di Pos Lintas Batas Luar Negero (PLBN).

Bank Mandiri menghadirkan layanan Kantor Cabang Pembantu (KCP) di kawasan Entikong, dan dalam waktu dekat akan menghadirkan layanan kantor kas di kawasan Aruk, serta dilengkapi mesin EDC dan mesin ATM di setiap pos lintas batas untuk transaksi pembayaran masyarakat. 

Bersama jajaran TNI juga telah menjalin kerjasama yang baik terutama untuk kegiatan program pemerintan RI dalam penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) yang sampai dengan saat ini telah mencapai 56.690 KPM tersebar di 5 (lima) kabupaten Kalimantan Barat.

"Semua ini kami lakukan sebagai wujud kami untuk merealisasikan visi spirit memakmurkan negeri serta sinergi dengan program pembangunan pemerintah di daerah perbatasan Indonesia," tutup Ahadi saat diwawancari wartawan.

Diketahui Bank Mandiri adalah bank terbesar di Indonesia yang memberikan pelayanan kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Commercial, Micro & Business, Consumer Banking serta Treasury.

Bank Mandiri pada saat ini memiliki anak-anak perusahaan untuk mendukung bisnis utamanya yaitu: Mandiri Sekuritas (jasa dan layanan pasar modal), Bank Syariah Mandiri (perbankan syariah),  Bank Mandiri Taspen Pos/Mantap (UMKM), AXA-Mandiri Financial Services (asuransi jiwa), Mandiri InHealth (asuransi kesehatan), Mandiri AXA General Insurance (asuransi umum), Mandiri Tunas Finance (jasa pembiayaan), Mandiri Utama Finance (jasa pembiayaan), Mandiri International Remittance (remitansi), Mandiri Europe (treasury & financial institution) dan Mandiri Capital Indonesia (Pembiayaan modal ventura).

Hingga Desember 2017, Bank Mandiri Region IX Kalimantan dilengkapi dengan 853 ATM di seluruh Kalimantan dimana secara khusus di Kalimantan Barat ada sebanyak 146 ATM, yang tersambung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus, Jaringan Electronic Data Capture (EDC) sebanyak 14,552 unit di seluruh Kalimantan dimana untuk Kalimantan Barat ada sebanyak 2.574 unit serta electronic channels yang meliputi Internet Banking, SMS Banking dan Call Center. (*)