Senin, 27 Januari 2020


PT Astra Honda Motor akan Rilis Enam Motor Baru pada Tahun 2020

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 406
PT Astra Honda Motor akan Rilis Enam Motor Baru pada Tahun 2020

Motor Ikonis Astra Honda Motor, yaitu Honda CT-125, yang digadang-gadang jadi motor baru yang diperkenalkan AHM pada 2020

PONTIANAK, SP - PT Astra Honda Motor (AHM) terus bertekad menjadi produsen Sepeda Motor nomor satu di Indonesia. Bahkan pabrikan Sepeda Motor berlogo sayap mengepak ini, telah berkembang dengan banyak produksinya yang dikirim ke luar negeri.

Tidak hanya menghasilkan motor bergaya elegan dan futristik, namun Sepeda Motor Honda, dikenal dengan teknologi canggih, kaya akan fitur-fitur terkini, sehingga aman dan nyaman di kendarai dalam aktivitas sehari-hari.

Memasuki Tahun 2020, AHM ternyata sudah menyiapkan senjata barunya. Ada beberapa Sepeda Motor terbaru yang siap diluncurkan ke publik. Di antaranya yang akan segera diperkenalkan adalah Honda ADV250. Lalu ada Honda Air Blade 150, Honda BeAT, Honda CB150R Exmotion, dan Honda PCX facelift. Motor-motor terebut diprediksi akan merajai penjualan Sepeda Motor pada Tahun 2020.

Terakhir yang mungkin saja masuk ke pasar otomotif Indonesia adalah motor ikonis CT-125. Motor yang mendebut di TMS 2019 ini punya bahasa desain layaknya motor trail, secara total tampilannya memang cukup melirik perhatian.

Jika melihat peluang diniagakan di Indonesia kemungkinannya terbuka lebar. Apalagi, AHM memang sering menjual motor segmen niche seperti Super Cub 125 maupun Honda Monkey. Keduanya diperkenalkan di GIIAS 2017 dan 2018.

Tentang Honda ADV 250, yang merupakan kakak kandung dari ADV 150. Ajang GIIAS 2019, dijadikan AHM sebagai momen untuk merilis ADV 150. mengisi segmen skutik 250 cc sebenarnya sayap mengepak punya Forza yang bisa jadi modal bersaing. Namun Melihat respons positif konsumen terhadap ADV 150 bukan tak mungkin AHM coba realisasikan Honda ADV 250.

Soal jantung mekanis, sepertinya Honda ADV 250 bakal berbagi platform dengan Forza 250. Revisi mungkin akan dilakukan di output tenaga yang akan memfokuskan di besaran torsi. Kemudian pembedaan mungkin akan terjadi konfigurasi kaki-kaki yang diusung.

ADV 250 bakal jadi barang menarik untuk kawasan Asia, tak terkecuali Indonesia. Betul, sudah ada lawan Yamaha Xmax yaitu Honda Forza di sini. Tapi salah satu kendala tentulah soal harga, mengingat Forza adalah buatan Thailand.

Meniagakan barang impor seperti Forza tentu tak cukup untuk melawan Xmax. Oleh karenanya, melokalisasi penggarapan mesin 250 cc di Indonesia harusnya menjadi opsi. Kemudian, dituangkan dalam wujud tualang bernama ADV 250, dengan harga jual kompetitif.

Apalagi menurut pemberitaan di luar negeri, model urban explorer seperti ini disukai publik Jepang hingga negara di Eropa. Berarti Indonesia bisa saja menjadi basis produksi ADV 250. Beberapa sumber menyatakan, mesin buat ADV 250 diambil dari Forza 250.

Berarti ia berkubikasi 250 cc dengan teknologi SOHC pendingin cairan dan PGM FI. Keluaran tenaga maksimumnya 23,5 Tk/7500 rpm. Disematkan juga Honda Selectable Torque Control (HSTC), bertugas sebagai pengontrol traksi agar ban tidak selip. Serta pengaplikasian sistem rem ABS 2 Channel. Secara spesifikasi tak beda jauh, hanya tubuhnya saja yang lain. (mul)