Di Bengkayang, 256 Orang Terinfeksi HIV /AIDS

Bengkayang

Editor sutan Dibaca : 825

Di Bengkayang, 256 Orang Terinfeksi HIV /AIDS
Ilustrasi
BENGKAYANG, SP- Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Bengkayang tahun 2016, tercatat sebanyak 256 orang terinfeksi dan 15 orang meninggal dunia.
 
"Penderitanya,  158 laki-laki dan 98 perempuan," kata Salikin, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkayang melalui Antonius Tono, Kepala Seksi Penanggulangan Penyakit Bidang Pencegahan, Pemberantasan, Penanggulangan dan Penyehatan Lingkungan. 

Dia menyebutkan usia di bawah satu tuhan terdapat dua penderita, usia 1-14 tahun sebanyak 12 penderita, usia 15-19 tahun sebanyak lima orang, usia 20-24 tahun sebanyak 29 penderita dan  usia 25-49 tahun sebanyak 191 orang.

"Sedangkan usia di atas 50 tahun ditemukan sebanyak 17 orang penderita HIV/AIDS," ungkapnya.

Tono mengatakan, pencegahan HIV /AIDS sering dikaitkan satu sama lainnya dengan pengertian yang sama. Akan tetapi HIV dan AIDS mempunyai arti yang berbeda. 

Ia menjelaskan, penderita HIV bukan berarti pengidap penyakit AIDS, bahkan tanpa pengobatan,  banyak penderita HIV masih dapat bertahan hidup cukup lama. Saat ini, pengobatan yang telah dikembangkan hanya dapat memperlambat kerusakan pada sistim kekebalan tubuh.

"Dengan pengobatan tersebut banyak penderita HIV dapat hidup sehat dan bahagia," pungkasnya. (cah)

Komentar