Sabtu, 16 November 2019


Tahun 2017, Pemkab Bengkayang Bangun Gedung Uji KIR

Editor:

sutan

    |     Pembaca: 954
Tahun 2017, Pemkab Bengkayang Bangun Gedung Uji KIR

Uji KIR (SP/Ist)

BENGKAYANG, SP – Pemkab Bengkayang telah menyiapkan lahan untuk pembangunan gedung tempat pengujian kendaraan bermotor atau biasa disebut uji KIR. Proses lelang akan dilaksanakan pada 2017. 

"Lokasi uji KIR sudah dilakukan pematangan lahan di Dusun Magmagan, Desa Magmagan Karya, Kecamatan Lumar dengan luas lahan sebanyak 1,6 hektare," kata Damianus, Plt Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Bengkayang Damianus saat ditemui di ruang kerjanya. 

Damianus mengungkapkan lahan tersebut milik Pemkab Bengkayang. "Lahan sudah siap, hanya menunggu proses lelang dan pembangunan gedung dimulai 2017 mendatang. Untuk sementara ini, kami hanya mengecek kondisi rem, lampu dan ban," ujarnya.

Damianus menjelaskan bahwa pemerintah berkewajiban menjamin kelayakan kendaraan penumpang atau barang seperti angkot, bus, truk. Pengawasan yang dilakukan tersebut berupa uji KIR (uji berkala).

Uji berkala yang dilakukan pemerintah, khususnya dinas perhubungan,  sudah jelas diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (PP LLAJ). 

“Pembahasannya juga diperdalam pada Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor 133 Tahun 2015 tentang Pengujian Berkala Kendaraan Bermotor,” jelasnya. 

Diterangkan bahwa berdasarkan Pasal 53 Ayat 1 (satu) UU LLAJ, uji berkala wajib dilakukan untuk mobil penumpang umum, bus, barang, kereta gandengan, dan kereta tempelan yang dioperasikan di jalan.  (cah/bah)