Bengkayang Gelar Acara Budaya Adat Dayak di Empat Kecamatan

Bengkayang

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 382

Bengkayang Gelar Acara Budaya Adat Dayak di Empat Kecamatan
Ilustrasi. (Net)
BENGKAYANG, SP – Tahun 2018 ini Kabupaten Bengkayang akan menggelar sedikitnya empat acara Budaya Adat Dayak. Keempat acara itu akan digelar di tempat-tempat berbeda sesuai dengan masing-masing adat masyarakat setempat. 

Yang pertama adalah Gawai Dayak Naik Dango yang digelar di Kecamatan Samalantan; kemudian Ngarape Sawa ke-IV di Kecamatan Bengkayang; lalu Gawia Sowa Dayak Bidayuh di Kecamatan Jagoi; dan acara Nyobeng Adat Dayak Sebujit mdi Kecamatan Siding

Ketua panitia Ngarape Sawa ke-IV, Yulius Heri mengatakan, acara budaya ini bertujuan menjalin semangat kebersamaan dalam keberagaman, sebagai perwujudan pelestarian adat dan budaya dayak di kabupaten bengkayang.

Heri menerangkan, Ngarape Sawa  dimulai pada Minggu (27/5) dengan agenda acara lomba permainan Rakyat dan lomba seni. Adapun pesertanya berasal dari delapan kecamatan yakni Bengkayang, Teriak, Sungai Betung, Suti Semarang, Lumar, Ledo, Sanggau Ledo dan Tujuh Belas.

Menurut dia, Ngarape sawa digelar dalam memperingati syukuran atas hasil panen padi dan sekaligus juga untuk memberkati seluruh alat-alat pertanian yang digunakan masyarakat Dayak untuk membuka lahan baik ladang maupun sawah. (nar/ang)