Hamil Tua, Wanita Ini Melahirkan Darurat di Mobil Dinas TNI

Bengkayang

Editor Indra W Dibaca : 2153

Hamil Tua, Wanita Ini Melahirkan Darurat di Mobil Dinas TNI
Antonia Supriyani (26) saat dibawa mobil dinas TNI Koramil 01 Bengkayang, Kamis (5/7). (SP/Nar)
BENGKAYANG, SP - Antonia Supriyani (26), terpaksa melahirkan di atas mobil dinas milik TNI Koramil 01 Bengkayang, Kodim 1202 Singkawang, Kamis (5/7) siang.

Warga Kelurahan Bumi Emas, Kecamatan Bengkayang, Kabupaten Bengkayang yang sudah hamil tua itu butuh tumpangan untuk segera ke fasilitas kesehatan terdekat. Beruntung, saat itu anggota Babinsa tengah anjangsana ke desanya dan mengantarnya ke rumah sakit. Namun dalam perjalanan, Antonia keburu melahirkan.

"Memang benar telah lahir bayi perempuan dari pasangan Ibu Antonia dan Bapak Yanto di atas mobil dinas kami. Saat itu kami sedang melakukan kegiatan anjangsana dan komunikasi sosial (komsos) di desa binaan para Babinsa," ungkap Danramil 01 Bengkayang, Kapten Infantri Asswani Kunto, Kamis (5/7).

Kejadian bermula Kamis pagi. Usai Kapten Infantri Asswani Kunto memberikan arahan kepada para anggota untuk melaksanakan anjangsana dan komsos di wilayah desa binaan masing-masing. Anjangsana ini dalam rangka menjaga dan memberikan rasa aman dan kondusif kepada warga masyarakat pasca pemungutan suara Pilgub Kalbar.

Usai dapat arahan, para Babinsa berangkat ke desa binaan mereka yang mencakup tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Bengkayang, Kecamatan Teriak dan Kecamatan Sungai Betung. Dari sejumlah anggota, dua orang Babinsa, yakni Koptu Uray Ijas Sugiantoro dan Kopda Syamsul Hadi Irawan dapat tugas di Kecamatan Bengkayang.

"Pada saat berkunjung sosialisasi di rumah Pak RT Dusun Sungai Durian, Kelurahan Bumi Emas, tidak lama berselang tiba-tiba ada salah satu warga yang sudah hamil tua mengalami kesakitan. Tanpa ragu anggota Koramil langsung membawa ke mobil, dan mengantarnya ke RS Bengkayang," tuturnya.

Namun belum sempat dievakuasi ke ruang bersalin, Antonia sudah melahirkan di atas mobil.

"Kita masih di parkiran. Tapi sang ibu sudah melahirkan anak bayi perempuan," katanya.

Melihat kejadian tersebut, tim medis langsung melakukan penanganan tindakan medis di atas mobil dinas Koramil 01 Bengkayang untuk memutus ari-ari atau tali pusat bayi. Bayi itu pun lahir dengan selamat dan sehat.

“Kita merasa bersyukur atas kelahiran anak dari pasangan suami istri Bapak Yanto dan Ibu Antonia  dengan selamat dan mendapatkan perawatan di RSUD Bengkayang,” tutupnya. (nar/bls)