AMAN Wilayah Singbebas Resmi Dibentuk

Bengkayang

Editor Jindan Dibaca : 263

AMAN Wilayah Singbebas Resmi Dibentuk
Pengukuhan Pengurus Daerah AMAN wilayah Singkawang, Bengkayang, Sambas
BENGKAYANG,SP - Sembilan  komunitas anggota Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Kalbar membentuk Pengurus Daerah (PD)  AMAN Singkawang, Bengkayang, Sambas (Singbebas). 

Organisasi ini dibentuk berdasarkan hasil musyawarah wilayah (MUSWIL) PD AMAN Singbebas untuk yang pertama kalinya di aula Paroki St. Pius, Bengkayang Sabtu, (15/9). 

Ketua PD AMAN terpilih, Nico Andasputra mengatakan tugas lembaga yang wilayah kerjanya meliputi Bengkayang, Singkawang dan Sambas cukup berat, banyak persoalan yang dihadapi masyarakat adat yang harus direspon dalam program organisasi. 

"Hasil diskusi menunjukkan ada banyak persoalan terkait hak-hak masyarakat adat di tiga wilayah ini khususnya masalah  yang mesti direspon PD AMAN Singbebas," kata Nico.

Selain itu tugas, kata dia, yang akan dilakukan ialah Rapat Kerja (RAKER) terutama menyiapkan kader-kader untuk mempersiapkan pembentukan PD AMAN di Singkawang dan Sambas nantinya. 

"Di Kab. Bengkayang ada 12 peta indikatif hutan adat yang mesti segera dipercepat penetapannya. 1 di antaranya akan segera memperoleh SK dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan(KLHK) minggu depan, dan juga mengawal Raperda masyarakat Adat di Kab. Bengkayang agar disahkan segera," tandasnya. (nar)