Minggu, 20 Oktober 2019


PDAM Bengkayang Bantah Jual Air ke Warga

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 123
PDAM Bengkayang Bantah Jual Air ke Warga

SALURKAN – PDAM Bengkayang menyalurkan air bersih ke warga akibat musim kemarau. Warga yang membutuhkan kiriman air tangki hanya perlu mengganti biaya angkut. Ist

BENGKAYANG,SP – PDAM Bengkayang membantah menjual air tangki ke warga. Musim kemarau yang melanda Bengkayang menyebabkan pasokan air terganggu. Sejumlah titik malah macet total. Upaya PDAM menyalurkan air langsung ke warga dengan mobil tangki dinilai sebagai jual-beli.

Warga memang dibebankan biaya angkut dari PDAM ke lokasi. Aturan biaya angkut inilah yang diprotes sebagian masyarakat. Perihal ini pun ramai dikeluhkan di media sosial.

Salah satu pelanggan PDAM Bengkayang, Alek Maksar meminta agar kelangkaan air bersih segera diatasi. Karena air menyangkut masalah hidup orang banyak. Jika memang terjadi jual beli air, PDAM diminta segera mengambil langkah.

"Tugasnya ya mengecek apakah ada kerusakan atau penyumbatan atau ada yang tidak beres harus diselesaikan. Bukan juga kita dimanfaatkan keadaan seperti ini untuk menjual beli air ke masyarakat, itu yang tidak benar," ujar Alek, Kamis (26/9).

Tudingan jual beli air bersih tersebut dibantah Plt Direktur PDAM Bengkayang, Supriadi. Menurutnya, aturan biaya angkut itu tidak seperti yang dikeluhkan masyarakat. PDAM hanya menarik jasa angkut sesuai dengan peraturan Direktur PDAM. Bukan sama sekali praktik jual beli untuk kepentingan lain.

"Kita sudah mengambil langkah untuk kelangkaan air, karena memang debit in take Madi mengalami penurunan selama musim kemarau. Langkah kita untuk memenuhi kekurangan air mengratiskan masyarakat dengan hidran yang ada. Silakan masyarakat mengambil di hidran tersebut, itu sudah kita umumkan. Dan itu berlaku pada jam-jam tertentu," ujarnya.

Sementara bagi masyarakat yang tidak sempat mengambil air di hidran yang disediakan, dan menginginkan air tangki, disarankan bayar ke loket PDAM.

"Saat ini PDAM Bengkayang juga menyiapkan keran umum air bersih gratis di lokasi PDAM lama, Jalan Bambang Ismoyo, Kelurahan Bumi Emas. Di luar itu juga PDAM telah mengeluarkan regulasi bagi masyarakat yang menginginkan air tangki, namun wajib membayar langsung di loket PDAM setempat, dan bukan jual beli air untuk kepentingan tertentu," tegasnya. (nar/bls)