Minggu, 17 November 2019


Pemuda Bengkayang Wakili Indonesia pada Konferensi Internasional di Jerman

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 1686
Pemuda Bengkayang Wakili Indonesia pada Konferensi Internasional di Jerman

Direktur Utama atau Chief Executive Officer Retech Solution Indonesia, Wijanarko, yang akan mewakili Indonesia pada Konferensi Inovasi Global di Berlin, Jerman 6 November 2019

BENGKAYANG, SP - Pemuda Desa Sungai Duri, Kabupaten Bengkayang, Wijanarko, yang tergabung dalam Retech Solution Indonesia, mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Konferensi Inovasi Global di Berlin, Jerman pada 6 November 2019 mendatang.

Konferensi ini diikuti oleh puluhan negara anggota PBB yang tergabung dalam Lembaga Friedrich Naumann Foundation yang merupakan Lembaga khusus menangani teknologi, riset, sosial, dan pemerintahan.

"Sebelumnya kami mengikuti kompetisi terlebih dahulu di Indonesia untuk adu ide dan gagasan inovasi dengan mengirimkan proposal kepada Climate Institute, yang merupakan sebuah yayasan lembaga yang menangani isu-isu tentang lingkungan hidup,” cerita Wijanarko pada Suara Pemred, Kamis (17/10/2019).

Kemudian, lanjutnya, tanpa diduga, proposal mereka lolos dan berhasil mendapatkan kesempatan untuk mengikuti acara Workshop Hackathon Change4Climate  2019 di Kuala Lumpur, Malaysia pada tanggal 5-7 september 2019 lalu.

Di Kuala Lumpur, ia  kembali beradu ide, gagasan, dan inovasi bersama pemuda-pemuda dari beberapa negara Asean.  Pada acara workshop tersebut, perwakilan tim Retech Solution Indonesia berhasil mendapatkan penghargaan “Best Idea” sehingga terpilih menjadi delegasi mewakili Indonesia dalam konferensi internasional inovasi Global di Berlin, Jerman pada 6 November 2019 mendatang.

Sebelumnya, Wijanarko dan rekannya, Bimo Aji Priambudi selaku Direktur Pemasaran atau Chief Marketing Officer dan Sayid Rahman selaku Graphical Designer, menuangkan ide dan  gagasan inovasi tentang manajemen pengolahan sampah, manajemen pengolahan air, manajemen pertanian dan manajemen energi dalam sebuah program bina lingkungan hidup.

Wijarnarko sendiri menjabat sebagai Direktur Utama atau Chief Executive Officer Retech Solution Indonesia. Ia mengatakan dirinya sangat antusias sekali mendapatkan kesempatan untuk menjadi delegasi mewakili Indonesia dalam Konferensi Internasional yang akan di adakan di Jerman bulan depan.

“Tentu kita sangat bersyukur bisa mewakili Indonesia, dan Bengkayang di kancah internasional. Suatu kehormatan bagi saya, semoga kami terutama pemuda asal Desa Sungai Duri, Kabupaten Bengkayang yang tergabung di dalam Retech Solution Indonesia bisa mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat dan pemerintah daerah maupun pusat untuk terus berkarya di kancah Internasional," tuturnya. (nar)


  •