Senin, 17 Februari 2020


Peserta Tes CPNS Banyak Tak Capai Skor Minimal TIU

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 109
Peserta Tes CPNS Banyak Tak Capai Skor Minimal TIU

Registrasi – Peserta tes CPNS melakukan registrasi sebelum mengikuti tes CPNS di hari pertama yang digelar BKPSDM Bengkayang, Rabu (12/2). suara pemred/narwati

BENGKAYANG, SP – Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bengkayang, Gerardus menyebutkan pada hari pertama tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), banyak peserta yang tidak lulus Tes Intelegensia Umum (TIU).

"Seperti yang kita pantau, banyak yang gugur di TIU, mungkin karena soalnya ada hitung-hitungan dan ada Bahasa Inggris juga," kata Gerardus, Rabu (12/2).

Peserta CPNS di Bengkayang pada tahun ini jumlahnya sebanyak 425 peserta. Mereka dibagi lima sesi untuk mengikuti pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar  (SKD) yang diselenggarakan Badan Kepegawaian Daerah Bengkayang, Rabu (12/2).

Jumlah peserta yang dibagi dalam lima sesi sebanyak 85 peserta. Seleksi CPNS ini akan berlangsung sampai 18 Februari 2020. 

Kata Gerardus, hasil tes CPNS ditentukan dalam tiga poin, terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan skor minimal 65 poin, Tes Intelegensia Umum (TIU) 80 poin, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 126 poin. 

"Jika salah satu tidak memenuhi poin itu, kalaupu salah satunya tinggi tetap tidak lulus. Karena itu harus mencakup semuanya," jelas Gerardus.

Tahun 2020 pelamar CPNS di Bengkayang sebanyak 2.878 dan merebut peluang 243 formasi. Jumlah formasi yang diterima Pemkab Bengkayang tergolong banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Jumlah tersebut juga sesuai dengan usulan Pemkab Bengkayang.

Selama pelaksanaan tes tidak terjadi kendala. Pasokan jaringan listrik dan internet sangat memadai. Meski begitu, panita tetap menyediakan genset untuk antisipasi.

"Kita tidak terjadi gangguan dan kita juga sudah mempersiapkan semuannya jika memang terjadi pemadaman listrik dan lainnya. Tetapi kita jauh hari sudah berkoordinasi dengan PLN. Semoga lancar sampai selesai," harapnya. (nar/jee)