Jumat, 06 Desember 2019


Menteri Enggartiasto Optimis Ekspor Indonesia 2017 Naik

Editor:

Soetana Hasby

    |     Pembaca: 805
Menteri Enggartiasto Optimis Ekspor Indonesia 2017 Naik

EKSPOR - Aktivitas pengiriman barang di Pelabuhan Dwikora, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. (SP/Yodi Rismana)

JAKARTA, SP – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita optimistis ekspor Indonesia di tahun 2017 akan mengalami kenaikan meski kondisi perekonomian global masih belum sepenuhnya pulih, serta banyak ketidakpastian yang terjadi.

"Tetapi yang pasti, saya melihat itu ada peluang. Selalu saya sampaikan, dalam setiap situasi dan berbagai kondisi pasti ada peluang," kata Enggartiasto, Sabtu (17/12).

Disebutkannya, meskipun pada 2016 dan pada 2017 banyak negara cenderung proteksionis, masih ada peluang yang bisa dimanfaatkan oleh Indonesia untuk melakukan penetrasi pasar dan meningkatkan kinerja ekspor.

Dalam kondisi ekonomi yang baik, menurut Enggartiasto, peluang untuk meningkatkan ekspor pasti besar. Namun, dalam kondisi ekonomi yang tidak baik, juga menyimpan peluang meskipun perdagangan bebas cenderung berubah dan lebih proteksionis.

Namun, Enggartiasto masih enggan untuk menyebutkan berapa persen target peningkatan ekspor pada 2017.

Kementerian Perdagangan, pada tahun 2017 akan fokus untuk menyelesaikan skema kerja sama dengan negara-negara tersebut. "Dengan menggarap pasar baru tersebut dan menjaga pasar domestik serta pasar tradisional tujuan ekspor yang membutuhkan kita, maka saya optimis," ujar Enggartiasto.

Secara kumulatif nilai ekspor Indonesia pada periode Januari-November 2016 mencapai 130,65 miliar dolar AS atau menurun 5,63 persen dibanding periode yang sama tahun 2015.

Ekspor nonmigas tercatat mencapai 118,80 miliar dolar AS atau menurun 1,96 persen. Meski menurun jika dibanding tahun sebelumnya, namun tren yang ada pada akhir 2016 sudah mulai membaik dan sedikit mengalami kenaikan. (ant)

Baca Juga:
Final AFF 2016, Presiden Jokowi Janjikan Bonus Rp 12 Miliar

Hunian Hotel Diprediksi Naik 200 Persen

Canopy Center, Tempatnya Pecinta Kopi, Kreator dan Pelancong