Harga Sembako di Sambas Tetap Stabil

Bisnis

Editor sutan Dibaca : 653

Harga Sembako di Sambas Tetap Stabil
Ilustrasi (SP/ Yodi)
SAMBAS, SP – Meski memasuki perayaan Natal 2016 dan jelang pergantian Tahun Baru 2017, harga beberapa kebutuhan pokok di beberapa pasar di Kabupaten Sambas masih tetap stabil.

“Terakhir kita monitoring pada Senin (19/12) dan tidak ada perubahan dibandingkan minggu sebelumnya. Dan untuk saat ini harga yang
kami ketahui tidak mengalami perubahan berarti,” kata Suparno, Kepala Seksi Perdagangan Dalam Negeri Diskumindag,  Kabupaten Sambas.

Suparno merincikan, dari hasil monitoring lapangan di Pasar Sambas, Pemangkat, Tebas, dan Teluk Keramat, beberapa harga komoditi seperti beras lokal di pasaran berkisar Rp 9 ribu- Rp10 ribu per kilogram.

Untuk beras pandan wangi berkisar Rp12 ribu - Rp14 ribu per kg. Harga cabai di empat pasar antara lain jenis cabai besar berkisar Rp30 ribu- Rp50 ribu per kilogram. Bawang merah Rp42 ribu - Rp43 ribu per kilogram, bawang putih Rp38-40 ribu.

Sementara,  harga gula kristal putih Rp14 ribu per kg, minyak goreng curah Rp12.500 dan kemasan Rp15 ribu. Daging ayam ras berkisar Rp38 ribu hingga Rp45 ribu per kilogram, daging sapi Rp120 ribu - Rp130 ribu per kilogram dan telur ayam Rp25 - Rp26 ribu.


Suparno mengakui jika harga sembako memang sempat terjadi kenaikan pada  minggu pertama, dan minggu ke dua Desember 2016, yakni cabai rawit merah naik Rp 5 ribu dan daging ayam ras naik  Rp 2 ribu per kilogram.

“Itu disebabkan peningkatan permintaan menjelang Natal serta terjadi kenaikan pada komoditi sayuran sekitar Rp 1.000 hingga Rp 2 ribu karena kurangnya stok pasca banjir beberapa waktu lalu,” jelas Suparno.

Suparno menambahkan bahwa pemantauan harga akan terus dilakukan untuk selanjutnya dilaporkan kepada Bupati Sambas. Pemantauan juga sebagai tindak lanjut Peraturan Presiden RI Nomor 71 Tahun 2015 tentang Penetapan dan Penyimpanan Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Lainnya. (noi/bah)