Harga Cabai di Sintang Rp 140 Ribu Perkilogram

Bisnis

Editor sutan Dibaca : 398

Harga Cabai di Sintang Rp 140 Ribu Perkilogram
Ilustrasi
SINTANG, SP - Kenaikan harga cabai memang terjadi hampir di seluruh wilayah Kalbar. Harga cabai bervariasi antar wilayah, dalam beberapa hari terakhir, kenaikan harga cabai menunjukan tren peningkatan  luar biasa.  

Pantauan Suara Pemred, harga cabai merah kecil dijual Rp 140.000 perkilogram. Cabai dengan jenis yang sama,  tapi masih hijau dijual Rp 100.000- Rp 110.000 perkilogram, sedangkan cabai besar Rp 60.000- Rp 65.000 perkilogram.
 

“Meski harganya naik, namun pembeli tetap ada, hanya saja tidak seramai waktu harganya murah," kata Fatimah, seorang pedagang di Pasar Junjung Buih Sintang kepada Suara Pemred.
 

Menurutnya  
kenaikan harga dikarenakan pasokan terbatas dan akibat ketergantungan dengan pasokan dari luar, serta gagalnya panen petani lokal akibat pengaruh cuaca buruk.
 

Fatimah mengungkapkan Kita berharap agar kondisi ini tidak berlangsung lama, lagipula kenaikan ini juga tidak berdampak untung pada pedagang.


"Sebab kita sudah menerima dari tangan ketiga sehingga keuntungan yang kita peroleh tetap seperti biasa,” ujar Fatimah.
 

Sementara, Wakil ketua DPRD Sintang, Terry Ibrahim berharap ada pembinaan terhadap para petani cabai lokal sebab  kenaikan harga cabai tidak berimbas kepada para petani.    

“Yang menikmati keuntungan saat kondisi seperti ini, bukanlah petani melainkan mereka para cukong, yang mengambil langsung ke petani dan dijual kembali,” papar Terry.  

Menurut Terry, ada banyak upaya yang bisa dilakukan untuk mengangkat martabat para petani seperti dengan membentuk kelompok tani sampai mendirikan koperasi.  

“Sebagai tanaman sampingan, sehingga tidak digarap dengan benar, akibatnya terkadang komoditi jenis cabai masih harus di back up dari luar seperti dari Pulau Jawa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ada di Kalbar sehingga terkesan lucu,” paparnya.
 (nak/mul)

Baca Juga:
Puluhan Tahun, Desa Sungai Tapang Tanpa Listrik
Keluarga Korban Pelecehan Seksual Ancam Upaya Hukum Sendiri
Pedagang Pakaian di Pasar Besar Sambas Berbenah