Minimarket Mulai Menjamur di Sintang

Bisnis

Editor sutan Dibaca : 8266

Minimarket Mulai Menjamur di Sintang
Ilustrasi. (SP/Ist)
SINTANG, SP - Wakil Ketua DPRD Sintang, Tery Ibrahim menyoroti maraknya pusat perbelanjaan modern.  Pasalnya, menjamurnya dua minimarket ini  dapat mematikan langkah pelaku usaha kecil dan menengah yang banyak dikelola oleh masyarakat lokal.  

“Kondisi ini sangat bertolak belakang dengan visi dan misi pembangunan sekarang, yaitu membina semua perekonomian masyarakat baik yang besar ataupun yang kecil. Seharusnya kan mereka yang dibina dengan baik,” kata Tery kepada Suara Pemred.  

Tery menekankan Pemkab tidak boleh lalai melihat persaingan usaha, khususnya para pelaku usaha yang menjual sembako. Keberadaan minimarket modern ini harusnya bisa mendukung perekonomian, yaitu dengan sistem pelayanan penampungan produk usaha kecil dan menengah.
 

Dia menilai, nantinya para pelaku usaha kecil dan menengah, tidak mampu bersaing. Sehingga menjadi beban Pemkab, sebab mereka bisa kehilangan lapangan pekerjaan.  

"Ketidakmampuan bersaing sudah mulai terlihat, karena banyak pelaku usaha kecil yang gulung tikar akibat tidak ada konsumen," ujarnya.
 

Terpisah, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Sintang, Sudirman mengatakan bahwa sejauh ini belum ada masyarakat yang protes  terkait keberadaan Alfamart dan Indomaret di Sintang.
 

“Belum ada masyarakat yang komplain, baik secara lisan ataupun tertulis. Keberadaan Alfamart dan Indomaret, bisa saja menjadi rekan bisnis semua pihak,” ujar Sudirman.  

Menurut Sudirman, sepanjang pendirian Alfamart dan Indomaret sesuai prosedur, maka itu tidak jadi persoalan. Terkait jumlahnya, Sudirman mengatakan tidak ada batasan, kecuali di dekat pasar tradisional, yang memang tidak boleh didirikan.  
“Saat ini, Alfamart sudah ada hampir 10 dan Indomaret 20 toko. Semuanya memang ada di Kota Sintang,” paparnya. (nak/mul)  

Baca Juga:
7.521 Pemilih di Kabupaten Landak Belum Masuk DPT
Puluhan Anggota Satpol PP Sanggau Gelar Razia ASN
Polres Singkawang Buru Perampok Toko Emas