Pertalite Makin Jadi Pilihan Konsumen

Bisnis

Editor Kiwi Dibaca : 346

Pertalite Makin Jadi Pilihan Konsumen
ilustrasi
PONTIANAK, SP - Pengamat Ekonomi Kalbar, Susanto mengatakan, hadirnya Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite semakin banyak diminati masyarakat. "Sebab jika melihat keunggulan dari BBM Pertalite sendiri kualitasnya cukup baik, jika dibandingkan dengan Premium, sebab RON-nya yang lebih tinggi dan membuat mesin lebih awet," ujar Susanto.

Apalagi kata Susanto dilihat dari segi harga, dibandingkan dengan Pertalite harga BBM Premium hanya  selisih sedikit saja, namun apabila dilihat dari sisi ekonomisnya, produk yang terbilang baru ini lebih irit.
"Pembakarannya lebih sempurna dibandingkan dengan Premium, sehingga dengan keunggulan-keunggulannya, Pertalite kini lebih banyak peminatnya. Artinya mereka membeli bukan karena dipaksa, namun melihat dari manfaat. Bahkan ada pula yang melakukan literasi sendiri, sehingga memilih beralih ke Pertalite," ungkapnya.

Jika melihat daya beli masyarakat saat ini, dikatakan Susanto, terbilang cukup stabil, sehingga hadirnya Pertalite tidak memunculkan gejolak akibat pergeseran perpindahan BBM dari Premium ke Pertalite. "Sebab kalau kita lihat harganya yang tidak terlampau jauh, kemudian manfaatnya yang jauh lebih banyak dan tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk kendaraan roda empat saja bahkan pengendara roda dua," tuturnya.

Erni Yantini, warga Jalan Husein Hamzah, pontianak mengaku sudah berpindah menggunakan Pertalite. Selama menggunakan produk terbaru dari pertamina ini, ia merasa lebih hemat dibandingkan saat menggunakan Premium. "Karena tidak terlalu mahal, disamping itu juga hemat, jadi saya sekarang tidak menggunakan Premiun lagi, dan ini juga bukan dipaksa harus memakai Pertalite tapi karena memang produknya bagus," kata Erni.

Adapula Nella Azhari, warga yang tinggal di daerah Kubu Raya ini juga menyatakan hal yang sama. Saat ini dirinya lebih tertarik menggunakan BBM jenis Pertalite sebab semenjak menggunakan bahan bakar ini, motor yang ia gunakan lebih awet dibanding sebelumnya menggunakan Premium.

"Bunyi mesin tidak kasar seperti sebelum memakai Pertalite, lagipula harganya juga yang beda-beda tipis dengan Premium. karena kualitasnya, saya pindah ke Petralite," katanya. Nella menilai semenjak menggunakan Pertalite, dirinya dapat berhemat. Sebelumnya dalam seminggu ia harus mengisi tangki BBM-nya sepeda motornya maksimal tiga kali, padahal jika dilihat dari jarak tempuh yang ia gunakan, tidak begitu jauh.

"Saya jarang mengisi di eceran selalu di SPBU, semenjak ada Pertalite, seminggu saya isi full cuma sekali. Lebih hemat, mesin awet. Tadinya sebulan bisa dua kali service motor, dan kini hanya sekali saja, sehingga uang buat service bisa digunakan untuk keperluan lainnya," pungkasnya. (ova/ind)