Rabu, 20 November 2019


IFC Pontianak Angkat Tenun Corak Insang di FDC & FT 2017

Editor:

Soetana Hasby

    |     Pembaca: 1170
IFC Pontianak  Angkat Tenun Corak Insang di FDC & FT 2017

POTONG TUMPENG - Panitia penyelenggara FDC & FT 2017 memotong nasi tumpeng, Selasa (29/11), usai menggelar konferensi pers. (SP/Rizka Nanda)

PONTIANAK, SP - Indonesia Fashion Chamber (IFC) Pontianak dan Dekrasnada Kota Pontianak akan menyelenggarakan ‘Fashion Design Competition & Fashion Trend 2017’ yang akan dilaksanakan selama dua hari, Rabu (7/12) dan Kamis (8/12), di dermaga perahu wisata Grand Kartika Hotel, Kota Pontianak.

Pihak penyelenggara akan mengangkat Tenun Corak Insang sebagai tema utama. Tujuannya, membangkitkan kembali salah satu budaya lokal Kota Pontianak yang kini sudah hampir hilang keberadaanya. Serta memberi ruang berkreasi bagi pada desainer-desainer muda Kalimantan Barat.

"Dalam kegiatan ini kita akan mengangkat Corak Insang sebagai tema utama. Di mana Corak Insang sekarang minatnya sudah sedikit," ujar  Ketua pelaksana, Uke Tugimin dalam konferensi pers, Selasa (29/11).

Mengangkat kembali Tenun Corak Insang, diapreasiasi seorang peserta. Eko Teguh mengatakan upaya mengenalkan kembali Tenun Corak Insang dalam  festival ini sangat baik.

Pasalnya, para remaja masa kini lebih sering mengikuti gaya yang lagi tren.

Melalui festival, Eko berhara pemenang menjadi idola baru di kalangan masyarakat sehingga dianggap dapat membantu mengembangkan kembali ketenaran Tenun Corak Insang.

"Pada umumnya anak muda punya jiwa followers (pengikut), sehingga dari festival ini kita dapat menggandeng orang terkenal untuk menjadi endorse busana dengan Tenun Corak Insang,” tutur Eko.

FDC & FT 2017 diikuti oleh 25 perancang  muda dari Kalimantan Barat. Nantinya, dari 25 hasil desain perancang muda tersebut dengan menggunakan bahan Tenun Corak Insang, panitia akan memilih 12 desain yang terbaik, dan akan dikurasi untuk ditampilkan di malam final.

Enam desaniner terpilih nantinya akan memperebutkan piala bergilir Ketua Dekranasda Kota Pontianak. (riz)