Desainer Mely Yusnawati Juara Pertama Corak Insang di IFC

Fashion

Editor Soetana hasby Dibaca : 856

Desainer Mely Yusnawati Juara Pertama Corak Insang di IFC
FINAL IFC - Desainer dan peraga busana berjalan atas catwalk di malam final IFC, Kamis (8/12). (SP/Nova Sari)
PONTIANAK, SP – Desainer muda dan berbakat asal Kalimantan Barat, Mely Yusnawati ditetapkan para juri sebagai juara pertama di festival Indonesia Fashion Chamber (IFC) dengan tema ‘Fashion Design Competition & Fashion Trend 2017’, berbahan corak Insang.

Ketua IFC Pusat Bidang Organisasi, Lia Mustafa mengatakan, motif corak Insang yang dipamerkan dapat menjadi suatu khasanah motif etnik yang dimiliki Indonesia, dan dapat menjadi populer di seluruh dunia.

"Dengan memadupadankan desain etnik dengan model yang modern, tentu akan menjadi suatu hal yang sangat menarik untuk kita kembangkan," ungkap Lia.

Ketua IFC Pontianak, Uke Tugimin mengatakan, festival ini menjadi salah satu cara untuk memamerkan pakaian khas daerah. "Salah satunya, corak Insang ini. Sehingga kita dapat mengangkat khasanah budaya yang ada di daerah kita bahkan membuatnya menjadi populer dan ngetren, tentu menjadi impian kita," kata Uke.

Mely berhasil menyisihkan 12 desainer muda asal Kalimantan Barat yang turut andil dalam festival selama dua hari, Rabu (7/12) hingga Kamis (8/12) di Dermaga Apung Grand Hotel Kartika, Pontianak. 

Atas keberhasilannya mendesain corak Insang, Mely menyabet piala Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Pontianak, juga hadiah Rp3 juta dan satu unit mesin jahit. (ova)

Baca Juga:
Nuansa Elegan dari Perpaduan Tenun Sambas-Baju Modern
IFC Pontianak Angkat Tenun Corak Insang di FDC & FT 2017