Harga Tomat di Pasar Sebukit Rama, Mempawah Naik Rp 4 Ribu per Kilogram

Finance

Editor sutan Dibaca : 423

Harga Tomat di Pasar Sebukit Rama, Mempawah Naik Rp 4 Ribu per Kilogram
Pedagang di Pasar Percontohan Sebukit Rama, Kabupaten Mempawah. (SUARA PEMRED/ Ruben)
MEMPAWAH,SP - Harga tomat di pasar percontohan tradisional Sebukit Rama di Kabupaten Mempawah mengalami kenaikan Rp 4 ribu perkilogram, sementara yang lainnya banyak mengalami penurunan.

"Saat ini harga tomat Rp 18 ribu, sebelumnya Rp 14 ribu. Bawang merah dari Rp 45 ribu turun menjadi Rp 40 ribu, sementara wortel saat ini Rp 16 ribu, sebelumnya Rp 60 ribu," kata Ade Jamaludin, Ketua Pasar Percontohan Tradisional Sebukit Rama.
 

Ade mengaku tidak mengetahui kenaikan harga komoditas tomat, karena harga dari agen yang mengantarkannya sudah naik.

"Tentunya kita naikan juga harganya, sedangkan komoditas yang mengalami penurunan, tentunya kita juga turunkan, karena kita menjual tergantung dari harga agen,"ungkapnya.


Menurutnya, untuk barang-barang komoditas yang ada di sini,  banyak didatangkan dari agen Kota Singkawang dan Kota Pontianak.
 

Senada diungkapkan Jaini,  
pedagang dipasar, dia mengatakan saat ini harga komoditas banyak mengalami penurunan, antara lain cabai, kol, timun, kentang, dan lainnya. Tapi walaupun mengalami penurunan harga, minat pembeli sangat minim.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengawasan dan Perlindungan Konsumen, Disperindakoptamben, Kabupaten Mempawah, Hendry Kurniawan mengatakan adanya kenaikan harga komoditi di Kabupaten Mempawah karena banyaknya permintaan.
 

"Biasanya harga komoditi menjadi naik, disebabkan karena produksi sedikit, dan permintaan banyak dari masyarakat. Sementara jika produksi banyak, permintaan sedikit maka harganya menjadi turun," ujarnya. (ben/sut)