Mengapa Kita Perlu Investasi ?

Finance

Editor sutan Dibaca : 852

Mengapa Kita Perlu Investasi ?
Mungkin kita sering mendengar kata investasi di media massa, khususnya investasi di bidang keuangan seperti Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) atau pun fluktuasi harga saham yang setiap hari ada pembahasan mengenai hal itu. contoh tersebut merupakan salah satu intrumen investasi yang ada .  lalu apa sih yang di maksud dengan investasi ?

Investasi merupakan pengelolaan suatu aset yang dapat memberikan keuntungan finansial dimasa yang akan datang seperti investasi pada emas, saham, reksadana, property, dll) jadi pada dasar nya investasi itu seperti “membeli barang” sekarang dan “dijual kembali” dengan harga yang lebih tinggi dari harga beli di masa yang akan datang.

Ada beberapa faktor yang membuat kita membutuhkan investasi, diantaranya :

Untuk memenuhi kebutuhan Keluarga 



Membiayai kebutuhan dan keinginan rumah tangga  bisa menjadi hal yang menantang terutama dengan semua pengeluaran yang harus dilakukan seperti membayar kredit rumah, kredit kendaraan, menyiapkan uang liburan, biaya pendidikan, dll.  Dengan menginvestasikan sebagian dari penghasilan bulanan, anda dapat menghasilkan uang dalam jumlah besar dikemudian hari, yang bisa digunakan untuk membiayai semua kebutuhan tersebut.

Peningkatan nilai kekayaan

Investasi membuat uang anda bekerja untuk menghasilkan lebih banyak uang tanpa anda harus bersusah payah, yang anda perlukan adalah kemampuan menyisihkan penghasilan bulanan serta kemampuan memilih instrumen investasi yang tepat. Karena kebutuhan akan terus meningkat seiring berjalan nya waktu di era modern ini.

Adanya inflasi


Pasti banyak dari kita yang sering mendengar kata “inflasi” inilah yang menjadi salah satu alasan umum untuk berinvestasi. Akibat inflasi lah nilai uang yang kita miliki semakin tergerus daya beli nya karena kenaikan harga barang dan jasa.

Contoh nya pada saat tahun 1992 harga kendaraan bermotor masih sekitar Rp.2,5 juta, namun dengan seiring berjalan nya waktu dan adanya inflasi ini kemudian mengerek harga kendaraan bermotor yang sudah mencapai sekitar Rp. 15 juta pada saat sekarang ini, maka ada kenaikan 400% akibat inflasi.

Kalau kita tidak melakukan investasi dan hanya menyimpan uang dibawah bantal, maka uang Rp. 2,5 juta tersebut tidak akan bisa beli motor baru maupun motor bekas pada saat sekarang ini.  itulah penting nya ketika kita berinvestasi dengan memilih investasi yang tepat dan cermat.    
Jika anda sudah memutuskan untuk berinvestasi, Anda bisa memilih beberapa intrumen investasi ini :

1.     Deposito di bank
Ini adalah tempat teraman dan termudah untuk menyimpan uang anda tapi juga merupakan tempat dengan pengembalian paling kecil. Perhatikan bunga deposito yang tidak lebih dari 6%. Jika modal anda Rp.100 juta, 6% adalah setara dengan Rp.6 juta pertahun. Atau Rp. 500.000,- perbulan.

Tentu jumlah tersebut tidak akan menambah kekayaan anda dengan signifikan apalagi dikurangi dengan tingkat inflasi yang terus naik tiap tahun yang dapat menggerus keuntungan yang didapat.

2.     Membeli properti

Properti memang cukup menarik untuk dijadikan saran investasi karena kenaikan nilai properti khusunya di daerah-daerah strategis dan berkembang sangat tinggi bisa mencapai 20% pertahun . tapi perlu di ingat juga bahwa modal untuk beli properti tidaklah kecil.

Ada survey yang mengatakan bahwa rata-rata orang baru bisa beli rumah pertamanya setelah 10 tahun menikah. Serta kurang nya likuiditas ketika anda membutuhkan keperluan yang mendesak. Menjual rumah tidak segampang menjual makanan diwarung.

3.      Membeli saham

Investasi saham merupakan investasi dengan tingkat pengembalian paling tinggi jika bunga depositi 6% pertahun , kenaikan suatu saham bisa lebih dari 6% per hari, bahkan lebih . Begitu juga dibandingkan dengan properti kenaikan nya bisa lebih dari 20% perbulan, dan tentu saja jauh lebih likuid dan tanpa biaya-biaya penjualan.

Namun anda harus pintar memilih dan memiliah, inilah kenapa Oso securities Pontianak ada untuk membantu anda dalam memilih saham potensial.



Jadi, untuk masa depan yang lebih terencana dan lebih baik, anda harus mengembangkan Aset yang anda miliki dengan cepat dan aman. Sekarang ini salah satu sarana atau instrumen tercepat untuk mengembangkan modal yang tersedia adalah Pasar modal melalui jual beli saham .

Sudah tertarik dan ingin bertransaksi saham ? siapapun bisa berinvestasi saham dengan modal yang minimal. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi OSO Securities Pontianak – Ruko Sidas Jl.Sidas No.7H Pontianak 78111, Kalbar. (0561)574881 / 0838-1649-6095. (
OSO Securities)