Langganan SP 2

20 Peserta Siswa Mengenal Nusantara Tiba di Pontianak

Finance

Editor Kiwi Dibaca : 159

20 Peserta Siswa Mengenal Nusantara Tiba di Pontianak
FOTO BERSAMA – Sejumlah 20 siswa Kalbar yang mengikuti kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di Provinsi Gorontalo berfoto bersama saat tiba di Bandara Supadio Pontianak dan disambut Tim IPC dan PTPN XIII, Senin (1/8).
PONTIANAK, SP - Setelah sepekan mengikuti kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di
Provinsi Gorontalo, akhirnya 20 siswa tiba di Bandara Supadio Pontianak, Senin (1/8).
Kegiatan SMN yang digagas oleh PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/IPC merupakan rangkaian dalam rangka memeriahkan HUT RI tahun 2017.

 Kegiatan itu juga sekaligus program BUMN Hadir Untuk Negeri yang digagas oleh Kementerian BUMN yang  bertujuan untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa-siswi setingkat SMA/SMK/SLB.

Peserta dari dua provinsi dipertemukan agar dapat saling mengenal keberagaman budaya, kekayaan alam, potensi daerah, dan kewirausahaan provinsi tujuan.

Sebelumnya, kegiatan ini dibuka oleh  Rizal Ariansyah, Direktur SDM dan Hukum PT Pelabuhan Indonesia II (Persero). Diketahui, kegiatan kali ini merupakan tahun ketiga IPC melaksanakan kegiatan SMN.
"Tahun ini kami ditunjuk sebagai BUMN Koordinator untuk melaksanakan kegiatan ini di salah satu cabang pelabuhan terbaik kami, Pontianak. Kami senang dapat terus terlibat dalam kegiatan ini," ujar Rizal Ariansyah, kemarin

Penyelenggaraan kegiatan SMN di Provinsi Kalbar ini juga merupakan hasil kolaborasi IPC dengan PT Perkebunan Nusantara XIII. IPC melakukan berbagai persiapan dalam memfasilitasi seluruh keperluan perjalanan para peserta selama tujuh hari dari 24 hingga 30 Juli 2017 berkeliling Provinsi Kalimantan Barat (Pontianak, Singkawang, Tayan dan Entikong). Selama perjalanan, seluruh peserta SMN akan didampingi Guru Teladan Tingkat Provinsi.

Harapannya, program SMN dapat menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan nusantara melalui proses pertukaran informasi dan kebudayaan. IPC telah menyiapkan serangkaian kegiatan untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan para peserta.

Bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, IPC siap memperkenalkan para peserta mengenal dunia pendidikan, sejarah, budaya, pariwisata, entrepreneurship dan informasi mengenai kepelabuhan di Provinsi Kalbar.
“IPC mengucapkan apresiasi atas kerja banyak pihak dalam mewujudkan terlaksananya program Siswa Mengenal Nusantara 2017. Semoga sinergi dan kerjasama yang baik ini dapat terus berlanjut dalam membangun generasi penerus Indonesia yang kompeten, handal dan menghargai sejarah serta mau menjaga kekayaan dan kesatuan Nusantara,” kata Rizal.

“IPC sebagai perusahaan BUMN berkomitmen untuk secara berkesinambungan membangun kapasitas nasional (National Capacity Building) melalui berbagai program, " pungkas Rizal. (kombis/ova)