#shareyangbaik, Kampanye Literasi Media ala JPK

Gaya Hidup

Editor Andrie P Putra Dibaca : 415

#shareyangbaik, Kampanye Literasi Media ala JPK
BERFOTO - Warga berfoto di photo booth #shareyangbaik, Minggu (19/11). (SP/Anugerah)
PONTIANAK, SP - Jurnalis Perempuan Khatulistiwa (JPK) mengadakan kampanye positif dalam melakukan unggahan di media sosial dengan tema #shareyangbaik pada Car Free Day (CFD) di depan Kantor Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Jalan Ahmad Yani, Minggu (19/11) pagi.

Panitia Pelaksana, Aseanty Pahlevi mengatakan, kegiatan ini dilakukan dilatarbelakangi adanya darurat literasi media di Kota Pontianak, dengan banyaknya kasus-kasus dalam beberapa pekan terakhir.

Terutama menyangkut unggahan-unggahan negatif di media sosial yang sempat viral dan melibatkan pelajar serta anak di bawah umur.

“Belakangan ini ada beberapa video dan postingan, seperti kekerasan di kelas yang heboh dikira guru ternyata bukan. Hal itu menunjukkan bahwa anak-anak belum paham menggunakan sosial media dengan baik. Tanpa mencari tahu apakah link yang mereka share itu benar atau ndak,” katanya.

Aseanty mengutarakan, ketakutannya jika budaya share atau membagikan tautan tanpa diteliti dahulu kebenarannya tersebut akan terus berlanjut.

Maka ditakutkan akan dapat dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dalam menyebarkan berbagai isu negatif. Apalagi di tahun 2018 banyak terdapat agenda politik.


“Ke depannya kita ingin masyarakat luas bisa mengakses dan bisa tahu bagaimana cara mengidentifikasi berita atau gambar yang hoax. Terus juga orang-orang sadar apa yang semestinya mereka unggah, apa yang semestinya tidak disebarkan,” paparnya.

Bentuk kegiatan yang dilakukan oleh JPK tersebut yaitu dengan menyediakan sebuah photo booth di pinggiran jalan.

Sehingga masyarakat yang lewat dalam kegiatab CFD dapat mengambil foto pada photo booth tersebut dan mengunggahnya dengan menyertakan kampanye dengan tagar #shareyangbaik. (aan)