Langganan SP 2

796 Mahasiswa IKIP PGRI Diwisuda, Samion : IKIP PGRI Kian Disegani

Info Anda

Editor Soetana hasby Dibaca : 2235

796 Mahasiswa IKIP PGRI Diwisuda, Samion : IKIP PGRI Kian Disegani
UCAPAN SELAMAT – Guru besar IKIP PGRI Pontianak, mengucapkan selamat kepada mahasiswi yang diwisuda, usai memindahkan tali mortarboard (topi toga). (SP/Ist)
PONTIANAK, SP - Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI Pontianak, mewisuda 796 mahasiwa untuk jenjang sarjana, Selasa (20/12), di GOR Pangsuma. Wisuda kali ini merupakan periode ke enam, sejak perubahan status Perguruan Tinggi (PT) bidang pendidikan ternama di Povinsi Kalimantan Barat ini.

Wisuda pertama tahun ajaran 2016/2017 ini diikuti 796 mahasiswa dari 10 Program Pendidikan (Prodi) pada empat fakultas IKIP PGRI Pontianak.

“Wisuda periode ini, merupakan yang ke enam sejak berubahnya status, dari STKIP menjadi IKIP. Perubahan ini berimplikasi pada periodesasi wisuda mahasiswa, yaitu dua kali dalam setahun,” ujar Ketua Panitia Wisuda Mahasiswa IKIP PGRI, Ahmad Jamalong.

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Dekan di Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial ini, sebagai PT yang konsen dengan pengembangan ilmu pendidikan dan menciptakan tenaga pendidik yang profesional, IKIP PGRI terus bertransformasi, agar meningkat daya saing.

Transformasi ini dibuktikan dengan meluluskan beberapa mahasiswa dengan beberapa berpedikat terbaik, seperti cum laude, Indek Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi, tercepat, dan termuda.

“Lulusan IKIP PGRI selalu siap menjadi kalangan profesional di semua bidang. Mereka mampu bersaing di semua level pengabdian, dan yang utama adalah bisa membangun masyarakat,” papar Jamalong. 

Adapun wisudawan terbaik dengan IPK mencapai 3,95 diraih oleh Qoriyanti, dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni.

Sedangkan wisudawan tercepat diraih oleh Karolus Ferli Jornanda, Prodi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, dengan waktu kuliah 3 tahun, 9 bulan. Ia meraih IPK  3,74.

Rektor IKIP PGRI Pontianak, Prof. H. Samion H AR mengatakan dengan adanya penambahan periodesasi wisuda mahasiswa, maka mahasiswa IKIP bisa menempuh waktu kuliah yang relatif singkat.

“Bagi mahasiswa yang rajin, ulet dan tekun, bisa saja menyelesaikan kuliah dalam tiga tahun lebih. Kita terus berusaha, agar waktu tempuh kuliah bisa dipercepat, tanpa mengurangu kualitas dan mutu lulusan,” kata Prof. Samion.

Meski demikian masih ada beberapa persoalan yang masih menjadi catatan, antara lain budaya tidak disiplin, malas, dan santai. Hal ini tetap menjadi perhatian yang serius dalam setiap proses pembelajaran.

Samion mengatakan tujuan utama IKIP PGRI Pontianak ke depan yaitu menciptakan calon-calon sarjana atau tenaga pendidik yang berkualitas melalui standar pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan.

Kemudian menfasilitasi rekrutmen guru atau tenaga pendidik berdasarkan kebutuhan wilayah asal masing-masing, penguasaan bahasa mahasiswa terutama Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional akan lebih ditingkatkan sebagai solusi untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan dari dunia luar.

“Bahkan, jika memungkinkan mengirim tenaga-tenaga profesional, terutama tenaga pendidik. Mereka harus mendapat kesempatan bersaing di dunia internasional atau lebih dikenal dengan Mayarakat Ekonomi ASEAN (MEA),” tutur Samion.

Saat ini ada 10 Prodi yang berasal dari empat fakultas yang dimiliki IKIP PGRI, antara lain Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, dengan empat prodi, yaitu Bimbingan Konseling (BJ), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPK), Pendidikan Sejarah, dan Pendidikan Geografi.

Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi, memiliki tiga Prodi, yaitu Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Teknologi Informasi, dan Komputer.

Sementara Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, memiliki Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris.

Terakhir, Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, terdiri dari Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi. (mul/*)

Baca Juga:
Aklamasi, Masruri Kembali Pimpin PPP Sintang

Rekanan Ciputra Garden Aneka, Apin Dibui

TK & SD Global Maju Khatulistiwa Gelar Pentas Seni