Langganan SP 2

PT LAP dan PT MP Komitmen Cegah Karhutla 2017

Info Anda

Editor Soetana hasby Dibaca : 1599

PT LAP dan PT MP Komitmen Cegah Karhutla 2017
FOTO BERSAMA - Peserta pelatihan dengan manajemen perusahaan, tim Manggala Agni Daops Ketapang, Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Ketapang, Kasat Binmas Polres Ketapang, Forkopinda Kecamatan Naga Tayap, Pemahan dan Tumbang Titi. (SP/Ist)
KETAPANG, SP – Dua perusahaan perkebunan sawit, Musim Mas Grup, di Kabupaten Ketapang berkomitmen menurunkan jumlah titik api (hotspot) di  Kabupaten Ketapang. Hal itu sejalan dengan Instruksi Presiden Joko Widodo dan program Pemda Ketapang, mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Mengawali  tahun 2017, PT Lestari Abadi Perkasa (LAP) dan PT Mentari Pratama (MP)  menggelar pelatihan dasar bersama pemadaman Karhutla. Pelatihan ini bagian dari program Masyarakat Bebas Api yang dijalankan pihak perusahaan.

Sejumlah instansi dan masyarakat turut berpartisipasi dalam pelatihan tersebut.  Mulai dari Manggala Agni Daops Ketapang, Polres Ketapang, TNI dan Dinas Pertanian, Peternakan Dan Perkebunan Kabupaten Ketapang, dan perwakilan masyarakat.  

Coorporate Affair PT LAP dan PT MP, Sahat Siregar mengatakan latihan bersama ini berlangsung pada 24-25 Januari 2017. Program ini adalah lanjutan dari tahun sebelumnya.

Pelatihan mencegah Karhutla ini juga diikuti Tim Satuan Pemadam Desa di sekitar perusahaan dan Tim Pemadam Kebakaran PT LAP dan PT MP.

Adapun tim desa yang mengikuti pelatihan terdiri dari 20 desa dan terbagi dalam tiga kecamatan.
Kecamatan Nanga Tayap meliputi Desa Betenung, Desa Cegolak dan Desa Batu Mas. Kecamatan Pemahan meliputi Desa Pebihingan, dan Desa Kerta Baru. Kecamatan Tumbang Titi meliputi Desa Sepuring Indah, Batu Tajam, Desa Tumbang Titi, Desa Titi Baru, Desa Pengatapan, Desa Jelayan, Desa Natai Panjang, Desa Suka Damai, Desa Tanjung Maloi, Desa Batu Beransah, Desa Serengkah Kanan, Desa Serengkah Kiri, Desa Tanjung Beulang dan Desa Beringin Rayo.

“Pelatihan pencegahan dan penanggulangan Karhutla merupakan tahun kedua dilaksanakan oleh PT LAP dan PT MP,” kata Sahat.

Perusahaan berharap, hasil dari pelaksanaan pelatihan, pada awal tahun ini, Tim Satuan Pemadam Desa maupun perusahaan sudah siap dalam penanggulangan apabila terjadi kebakaran lahan.

Selain itu, dengan pelatihan diikuti oleh Manggala Agni, masyarakat diharapkan dapat mengutamakan untuk mencegah kebakaran terjadi, dibandingkan harus melakukan penanggulangan.

“Pada akhirnya, program masyarakat bebas api ini dapat terwujud,” tutur Sahat.
 
Sahat  menyampaikan terima kasih kepada Tim Manggala Agni Daops Ketapang, Kapolres Ketapang dan Kasat Binmas, Kodim Ketapang, Forkopimda Kecamatan Nanga Tayap, Pemahan dan Tumbang Titi serta masyarakat yang telah menyukseskan kegiatan pelatihan 2017.

Sementara Kasat Binmas Polres Ketapang AKP Sutrisno sangat mengapresiasi kegiatan digelar PT LAP dan PT MP.

Kepala Manggala Agni DAOPS Ketapang, Rudi Darisman menilai, peserta antusiasme mengikuti pelatihan, mulai dari teori pencegahan kebakaran hingga praktik pemadaman api. (red/*)

Baca Juga:
Ini Syarat dan Tahapan Uji Ulang Tenaga Honorer Pemkab Ketapang
Hildi Dihadapan  Mahasiswa ITB, Sukadana Banyak Bule
Kubu Raya Bangun 700 Hektar Hutan Jati Borneo