Suryadman Gidot Pinang Nasdem dan PKPI

Info Anda

Editor hendra anglink Dibaca : 356

Suryadman Gidot Pinang Nasdem dan PKPI
DAFTAR - Ketua DPD Demokrat Kalbar, Suryatman Gidot, sah mendaftarkan diri sebagai bakal calon Gubernur Kalbar di Nasdem Kalbar, Rabu (26/7). (Ist/SP)
PONTIANAK, SP - Ketua DPD Partai Demokrat Kalbar Suryadman Gidot meminang partai Nasdem dan PKPI dengan mendaftar sebagai bakal calon Gubernur Kalbar, Rabu (26/7) sore.

"Saya hari ini menyerahkan berkas sebagai calon gubernur untuk Pilgub Kalbar periode 2018-2023, untuk calon wakil saya serahkan pada Partai Nasdem dan PKPI," kata Suryadman Gidot yang juga Bupati Bengkayang ini.

Partai Demokrat memang harus berkoalisi untuk bisa mengusung calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar dalam Pilgub mendatang. Kedatangannya di Nasdem dan PKPI bermaksud untuk menjajaki pencalonan dirinya sekaligus komunikasi politik.

“Dengan sembilan kursi, Partai Demokrat, harus berkoalisi. Koalisi dengan rakyat sangat penting, karena merekalah, yang memilih calon pemimpinnya," ungkapnya.

Menurutnya, keberagaman, baik suku dan agama harus dijaga. Di sanalah letak semangatnya maju dalam pencalonan. Dia ingin memajukan Kalbar dan terus berkomunikasi dengan semua komponen masyarakat.

Gidot pun meminta para Demokrat menjaga sikap. Terus nasionalis dan religius, serta berpolitik yang santun, sehingga Demokrat ingin berteman dengan semua parpol lainnya.

"Mudah-mudahan doa kita, didengar oleh Yang Maha Esa. Untuk visi kalau maju menjadi calon gubernur mendatang, yakni adil, religius dan sejahtera. Dengan semangat kerja, menyelesaikan yang tertunda, dan menghadirkan yang tidak ada, artinya menyelesaikan pembangunan yang belum selesai, dan menghadirkan yang belum ada,” jelasnya.

Ketika mendaftar di Nasdem, Gidot diterima Ketua Bapilu DPD Partai Nasddem Kalbar, Rusliansyah D Tolove. Nasdem memiliki lima kursi di DPRD Kalbar dan membuka hubungan dengan partai lain untuk memenuhi syarat pencalonan. Hingga kini sudah ada 11 orang pendaftar bakal calon gubernur dan wakil gubernur.

“Yang nyerahkan berkas sebagai bakal calon gubernur baru tiga, yakni Sutarmidji (Wali Kota Pontianak, Suryadman Gidot (Bupati Bengkayang), dan Boyman Harun sebagai bakal calon wakil gubernur Kalbar,” tutupnya.

Ketua DPD PKPI Kalbar, Mustaan Saman menerangkan penjaringan pihaknya sampai tanggal 27 Juli 2017. PKPI sendiri memiliki tiga kursi di DPRD Kalbar. Bakal calon yang sudah mengembalikan berkas di antaranya Hildi Hamid (Bupati Kayong Utara), Sutarmidji (Wali Kota Pontianak), Boyman Harun, Milton Crosby (mantan Bupati Sintang), dan Suryadman Gidot (Bupati Bengkayang). (*/bls)