'Nyalon' Gubernur, Gidot Pinang Enam Partai

Info Anda

Editor hendra anglink Dibaca : 321

'Nyalon' Gubernur, Gidot Pinang Enam Partai
DAFTAR - Ketua DPD Demokrat Kalbar, Suryatman Gidot, sah mendaftarkan diri sebagai bakal calon Gubernur Kalbar di PAN Kalbar, Sabtu (29/7). (Ist/SP)
PONTIANAK, SP - Usai mendaftar penjaringan bakal calon Gubernur Kalimantan Barat 2018 di Nasdem, PKPI dan PKB beberapa waktu lalu, Ketua DPD Partai Demokrat Kalbar Suryadman Gidot meminang partai PAN, PPP dan Hanura, Sabtu (29/7) siang. Dengan ini artinya sudah enam partai dijajaki Gidot.

"Saya hari ini menyerahkan berkas sebagai calon gubernur untuk Pilgub Kalbar periode 2018-2023," kata Suryadman Gidot yang juga Bupati Bengkayang ini.

Partai Demokrat memang harus berkoalisi untuk bisa mengusung calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar dalam Pilgub mendatang. Kedatangannya di tiga partai itu  bermaksud untuk menjajaki pencalonan dirinya sekaligus komunikasi politik.

Gidot meyakinkan, komunikasi politik tak akan berhenti di enam partai itu. Pengalaman dua periode memimpin Kabupaten Bengkayang, dia berkolaborasi dengan banyak partai. Untuk membangun Kalbar yang besar katanya, memang perlu kerja sama semua pihak.

"Untuk membangun Kalbar, kita perlu kekuatan bersama agar satu sama lain bisa ambil bagian dalam percepatan dan kemajuan," yakinnya.

Jika diberi amanah nantinya sebagai Gubernur Kalbar, urusan dasar kepentingan masyarakat akan jadi prioritas. Di antaranya masalah kemiskinan, infrastruktur dan pendidikan.

"Semangat kerjanya, pasti banyak yang telah dikerjakan gubernur sebelumnya, tapi belum selesai. Ada juga yang belum tersentuh, itu yang akan kita utamakan," tegasnya.

Ketua Tim Pilkada DPP Hanura Kalimantan Barat, Yansen menerangkan memang ada banyak yang mengambil formulir pendaftaran di Hanura, namun penilaian akhir ada pada penyerahan berkas. Hanura sendiri memiliki mekanisme dan sebagaimana semua partai, rekomendasi ada pada DPP. Saat ini Hanura memiliki tiga kursi di DPR Kalbar.

"Hanura siap berdemokrasi, Hanura terbuka seluas-luasnya terhadap kader dan non kader untuk pembangunan Kalbar. Pendaftar (Gidot) punya kepiawaian, dengan pengalaman di Bengkayang," pungkasnya.

Panitia Tim Pilkada PAN, M Farid Riza menerangkan Suryadman Gidot merupakan bakal calon Gubernur kedua yang mengembalikan berkas pendaftaran. Sebelumnya, sudah ada Milton Crosby. Pihaknya pun masih menunggu pengembalian berkas hingga 6 Agustus 2017 nanti.

"Yang daftar ada 10, delapan gubernur, dua orang wakil gubernur. Tiga hari setelah pendaftaran tutup nanti, kita akan melakukan verifikasi," katanya.

Dengan enam kursi di DPR Kalbar, PAN jadi salah satu partai yang potensial untuk dijajaki Demokrat. Farid Riza menerangkan memang Ketua DPW PAN Kalbar, Boyman Harun ikut mendaftarkan diri dalam pencalonan, namun sebagai wakil gubernur.

"Keinginan PAN ingin mengusung kader, dan sudah mendaftar sebagai wakil gubernur," pungkasnya. (bls)