11 Kampus Tampil di LIMA Futsal Region Kalimantan

Info Anda

Editor hendra anglink Dibaca : 146

11 Kampus Tampil di LIMA Futsal Region Kalimantan
Ilustrasi (SP/Net)
PONTIANAK, SP - Kota Pontianak mendapat kehormatan menjadi tempat digelarnya Liga Mahasiswa (LIMA) Futsal Region Kalimantan. Kejuaraan yang bertajuk LIMA Futsal Kalimantan Conference, bakal digelar 14-20 September di GOR Pangsuma, Pontianak. 

Laga pembukaan akan digelar pada pukul 13.00 WIB-Selesai. Selain menampilkan tim utama, ada juga laga eksebisi All-Star LIMA Futsal melawan Kancil BBK.

Kompetisi tahunan ini akan diikuti 11 Tim Futsal dari Perguruan Tinggi se- Kalimantan, terutama yang ada di Bumi Khatulistiwa. Ke-11 tim ini akan memperebutkan satu tempat untuk tampil di putaran final LIMA nasional, yang rencananya berlangsung di Sport Center Universitas Islam Negeri (UIN) Malang, 18-29 Oktober 2017.  

CEO LIMA Futsal, Ryan Ghozali mengatakan, Pontianak dipilih, karena berbagai pertimbangan matang. Di antaranya adalah besarnya animo masyarakat, khususnya di kalangan mahasiswa dalam pengembangan Cabor ini.

“Diharapkan, dengan adanya LIMA Futsal, maka akan semakin semarak dan terarah, terutama untuk peningkatan prestasi,” kata Ryan, saat konferensi pers LIMA Futsal Kalimantan Conference, di Hotel Neo, Senin (11/9).  

Adapun Tim Futsal Perguruan Tinggi yang akan tampil di antaranya IKIP Pontianak, STIMIK Pontianak, Politeknik Negeri Pontianak, STIE Indonesia, Politeknik Putra Bangsa, Akademi Farmasi Yarsi, Politeknik Negeri Banjarmasin, STKIP Pamane Talino Landak, AMIK BSI Pontianak, Universitas Panca Bakti Pontianak, dan IAIN Pontianak.

Selain besarnya animo masyarakat terhadap Futsal, Ryan mengakui dipilihnya Pontianak sebagai tuan rumah, adalah keberadaan Kancil BBK, Tim Futsal profesional asal Kota Khatulistiwa, yang telah menggebrak Liga Futsal nasional.

“Kami melihat, perkemangan Cabor ini sangat pesat di Kalbar, khususnya di Kota Pontianak. Kami optimis, pagelaran ini akan meraih double sukses, prestasi dan penyelenggaraan,” paparnya.

Ryan menjelaskan, LIMA Futsal merupakan ajang pembinaan dan peningkatan prestasi Cabor pecahan dari Sepakbola, yang diselenggarakan sejak 2014. Setelah menapaki beberapa kota di Pulau Jawa, untuk pertama kalinya LIMA Futsal bakal menggelar laga di luar Pulau Jawa, tepatnya di Kalimantan, yaitu Kota Pontianak.

Event ini, lanjut Ryan sudah terbukti bisa meningkatkan berbagai prestasi Tim Futsal. Selain mengutamakan kemampuan secara tim, para pemain LIMA Futsal juga harus memenuhi syarat khusus, termasuk mempertimbangkan kemampuan akademik, yang dibuktikan dengan IPK minimal 2.0, peserta juga wajib melalukan kegiatan kepedulian sosial minimal 6 jam.

“Ini yang membedakan LIMA Futsal dengan beberapa kejuaraan lainnya. Kita menerapkan tiga pilar utama, yaitu athleticism, academics, and social responsibility. Diharapkan, bisa membentuk prestasi dan softskills mahasiswa,” tutur Ryan.
 
Selain pertandingan Futsal, rangkaian LIMA Futsal Kalimantan Conference, akan dimeriahkan dengan Dance Competition (terbuka untuk umum) dan Futsal Kuy. Kemudian LIMA juga akan menggelar LIMA Sports Training and Workshop (LSTW). Materi yang akan diberikan adalah Sport Management, Sports Journalism, and Sports Marketing.

“Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Polnep pada Sabtu (16/9) dan IKIP PGRI Pontianak, pada Senin (18/9). Acara puncak dilaksanakan pada Rabu (20/9), di final Conference LIMA Futsal,” pungkasnya. (mul/pul)