Besok, Liga Santri Nusantara Kick Off di Padang Ball Keboen Sajoek

Info Anda

Editor hendra anglink Dibaca : 158

Besok, Liga Santri Nusantara Kick Off di Padang Ball Keboen Sajoek
Ilustrasi (SP/Net)
PONTIANAK, SP - Turnamen Sepakbola bertajuk Liga Santri Nusantara (LSN) Regional II Kalimantan ke-3 akan digelar. Kick off kejuaraan tahunan ini akan berlangsung di Stadion Keboen Sajoek, PSP, Pontianak, Selasa (12/9) pukul 14.00 WIB.

Berbeda dari pelaksanaan sebelumnya, pada tahun ini, LSN Regional II Kalimantan akan diikuti oleh santri-santri dari Pondok Pesantren di 14 kabupaten/kota, sehingga pelaksanaannya dibagi beberapa sub region.

“Tahun ini total ada 48 peserta yang tampil. Para peserta ini, akan memainkan pertandingan di sub region masing-masing,” kata Ketua Panitia LSN Kalbar, Muhammad Nurdin, saat dihubungi Suara Pemred, Senin (11/9).

Nurdin menjelaskan, pembagian peserta ke sub region dilakukan untuk mengakomodir Pondok Pesantren yang ada di kabupaten pedalaman Kalbar. Hal ini disebabkan, secara biaya akan sangat berat bagi mereka apabila harus langsung bermain di level provinsi.

“Sehingga kita buat penyisihan di daerah masing-masing. Harapannya, semakin banyak tim yang bisa bersaing di level provinsi, dan mereka adalah yang terbaik,” tuturnya.    

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua PW Anshor Kalbar ini melanjutkan, LSN merupakan ajang eksplorasi bakat santri Pondok Pesantren. Menurutnya, para santri tidak hanya digodok pembangunan bidang rohani keagamaan saja, namun memiliki kemampuan di bidang jasmani, seperti olahraga Sepakbola.

LSN dilaksanakan oleh Rabithah Ma’had Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI NU), dengan tujuan menggali potensi Sepakbola santri. Kejuaraan ini bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

“Persiapan kita sudah maksimal, walau kita tidak mendapat dukungan langsung dari Pemda. Semuanya berasal dari kerjasama Kemenpora, RMI NU, dan PWNU Kalbar,” ujar pria yang juga menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Kubu Raya.  

Koordinator Panitia LSN Regional II, Kholili Muhammad menjelaskan, perhelatan LSN 2017 akan dibuka oleh Ketua Tanfidziyah PWNU Kalbar, Hildi Hamid. Pagelaran di Stadion Keboen Sajoek PSP, Pontianak, terbuka untuk umum. Sehingga, ia mengajak semua masyarakat Kalbar, untuk memeriahkan pertandingan-pertandingan LSN 2017.

"Untuk putaran final provinsi akan digelar di Stadion Keboen Sajoek PSP, termasuk dua pertandingan sub region, Pontianak dan Kubu Raya,” ujar Kholili yang juga menjabat Pengurus LPBI NU Pusat.

Adanya sub region, maka ada beberapa daerah yang mengadakan pertandingan sendiri, seperti Mempawah dan Sintang. Sementara dua daerah lainnya, yaitu Sekadau dan Ketapang, yang hanya mengirimkan satu tim, akan langsung bermain di level provinsi.

“Harapannya tahun lebih meriah dan bagus. Di level provinsi, akan diterapkan sismtem setengah kompetisi, dengan dua grup, masing-masing akan ada lima tim," pungkasnya. (mul/pul)