Fachruddin Apresiasi Prestasi Perenang Muda

Info Anda

Editor Tajil Atifin Dibaca : 161

Fachruddin Apresiasi Prestasi Perenang Muda
FOTO BERSAMA – Ketum KONI Kalbar, H Fachruddin D Siregar, foto bersama dengan perenang muda Kalbar yang berhasil meraih lima medali emas di Kejurnas Wali Kota Yogyakarta Cup 2017, Esrya Anastya, di Sekretariat KONI Kalbar, Komplek SSA, Selasa (10/10).
KETUM Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalbar, H Fachruddin D Siregar, sangat mengapresiasi prestasi Ersya Anatasya, perenang muda Kalbar. Ersya berhasil mencatatkan prestasi gemilang, dengan meraih lima medali emas dan satu perak.   Prestasi ini dicatatkan pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) yang bertajuk Wali Kota Yogyakarta Cup 2017, 6-8 Oktober, di Kolam Renang Universitas Yogyakarta (UNY). Perenang asal Pontianak Swimming Club (PSC) ini, turun di nomor gaya dada dan gaya bebas.  

“Luar biasa prestasi perenang muda ini. Usianya baru menginjak 12 tahun, namun sudah melahirkan rekor nasional. Kita tentunya sangat bangga,” papar Fachruddin, saat menerima audiensi tim PSC, di sekretariat KONI, Komplek Stadion Sultan Syarif Abdurrahman  (SSA), Selasa (10/10).
 

Menurut Fachruddin, dengan usia muda, maka masa depan Ersya masih terbentang panjang. Oleh karena itu, KONI Kalbar, akan terus memberikan pendampingan dan pembinaan terbaik.   Salah satu cara mengembangkan kemampuan dan bakat Ersya, lanjut Fachruddin adalah dengan memberikan pelatihan yang maksimal di tingkat klub. KONI Kalbar sendiri, akan rutin memberikan dana pembinaan.  

“Khusus kepada para atlet yang berprestasi nasional, kita akan berikan dana pembinaan reguler. Kita berharap, ke depannya, prestasi Ersya, bisa semakin matang,” katanya.  
 

Ketua PSC, Juanda mengatakan, event nasional di Kota Pelajar tersebut, njadi bahan selection point terakhir, dalam pembentukan tim inti. Hal ini, sesuai dengan arahan Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI).
 

“PB PRSI merencanakan pembentukan Team Nasional Kelompok Umur (KU) yang akan dipersiapkan untuk South East Asia Age Group Swimming Championships 2017, di Brunei Darusalam, 10-12 November,” kata Juanda.
 

Ia pun bersyukur, Ersya bisa memberikan penampilan terbaiknya, sehingga menorehkan prestasi yang sangat membanggakan. Ia berharap, ke depannya prestasi Ersya bisa terus ditingkatkan. Dengan pelatihan dan dukungan dari berbagai pihak, terutama dari KONI Kalbar, ia optimis, Ersya bisa menjadi perenang handal.  

"Pasti akan kita tingkatkan skill dan kemampuan Ersya. Secara umum, Esrya bisa tampil di banyak nomor, yaitu gaya punggung, gaya dada dan gaya bebas," tuturnya.
 

Pada kejuaraan renang antar perkumpulan terbuka se-Indonesia, Wali Kota Yogyakarta Cup V ini, Esrya bersaing dengan 865 perenang dari 78 perkumpulan dari 28 provinsi di seluruh Indonesia.   Sebanyak 188 nomor pertandingan dilombakan dalam kejuaraan ini. Nomor tersebut antara lain KU V (U9 tahun), KU IV (U11 tahun), KU III (U13 tahun), KU II (U15 tahun), KU I (U 17 tahun) dan senior.  

“Ke depannya, kita akan persiapkan perangkat pendukung untuk menggenjot kemampuan para perenang Kalbar, melalui PSC. Kita berharap semoga para perenang termotivasi, terutama dengan adanya apresiasi terbaik dari Ketum KONI Kalbar,” pungkasnya. (mul
/pul)