Langganan SP 2

Dayak se Kalimantan Resmi Tolak Gafatar

Regional

Editor sutan Dibaca : 1250

Dayak se Kalimantan Resmi Tolak Gafatar
Motif Dayak (FOTO ANTARA)

PONTIANAK, SP- Dewan Adat Dayak se Kalimantan menolak pengembalian anggota Gafatar dalam bentuk transmigrasi. Hal tersebut tertuang dalam pernyataan sikap bersama yang ditandatangani perwakilan dari lima provinsi di Banjarmasin, Sabtu (30/1) pekan lalu.
Penandatangan pernyataan sikap tersebut dilakukan oleh Dilfriadi Darjat (Kalimantan Selatan), Edy Gunawan Areq Lung (Kalimantan Timur), Sahbran Ahmad (Kalimantan Tengah), Wiranegara Tan (Kalimantan Utara), Yakobus Kumis (Kalimantan Barat) dan diketahui Presiden Dewan Adat Dayak Nasional (MADN), Cornelis.  
Dalam pernyataan bersama, komunitas Dayak se Kalimantan, menegaskan, siap mengawal Presiden MADN apabila menghadapi gugatan hukum setelah dilakukan pemulangan 4.776 anggota Gafatar dari Kalimantan.  
“Meminta kepada aparat penegak hukum mengusut pihak sejumlah pihak yang terlibat di balik eksodus anggota Gafatar di Kalimantan yang tidak mengindahkan prosedur administrasi kependudukan dan tidak mau berbaur dengan warga lokal,” demikian pernyataan sikap bersama Dewan Adat Dayak se Kalimantan. (del/aju)