Bupati Martin Rantan dan Wakil Bupati Soeprapto Langsung Sidak ke Kantor Setda Pemkab Ketapang

Regional

Editor sutan Dibaca : 1247

Bupati  Martin Rantan dan Wakil Bupati Soeprapto Langsung Sidak ke Kantor Setda Pemkab Ketapang
SIDAK - Bupati Ketapang Martin Rantan dan Wakil Bupati Soeprapto saat melakukan sidak di ruangan-ruangan sekretariat daerah di kantor bupati setempat.(hms Pemkab Ketapang)
KETAPANG, SP - Hari pertama di Kabupaten Ketapang,  Bupati  Martin Rantan dan Wakil Bupati Soeprapto langsung inspeksi mendadak (Sidak), Jum’at (19/2) siang.  
Bagian umum dan Bagian Pembangunan Setda Ketapang tak luput dari sidak tersebut.

Di bagian tersebut, Martin dan Suprapto meninjau layanan pengadaan secara elektronik. Selain sistem pelayanan, jumlah tenaga kerja baik PNS dan non-PNS juga tak luput ditanyakan oleh pasangan kepala daerah yang baru dilantik itu kepada dari Kabag Pembangunan, Rudy.  

Selain berdialog dengan Rudy, Martin dan Soeprapto langsung meninjau ruangan Bagian Perekonomian Setda Ketapang. Dan juga melakukan dialog dengan  para pegawai.

Martin menjelaskan kepada  kabag pembangunan bahwa konsep pembangunan ke depan yang diinginkannya  adalah memacu pembangunan ekonomi di sektor riil.
  Salah satunya, peningkatan di sektor pertanian supaya dapat menciptakan lapangan kerja dan mendukung swasembada pangan. 

"Arah kebijakan yang dituangkan dalam visi dan misi kita, tujuan utamanya adalah memacu pembangunan sektor riil. Salah satunya,  kelanjutan dari pembangunan di bidang pertanian," tegas Martin.

Setelah itu,  keduanya meninjau ruangan Bagian Kesra Setda Ketapang. Dalam peninjauan tersebut, Martin dan Soeprapto juga didampingi staf alhi, Devi P Prantito, Asisten III Setda Ketapang, Heronimus Tanam.  

Dalam kunjungan tersebut, tata ruangan  di sekretariat daerah tak lepas dari perhatian Martin. Mantan anggota DPRD Ketapang dan DPRD Kalbar ini mengakui, sempitnya tata ruang tersebut bisa dimaklumi. Karena itu  diharapkan jika pembangunan kantor Bupati Ketapang sudah tuntas, maka dapat dilakukan penataan yang lebih baik.

"Kondisi keuangan kita memang masih terbatas. Ke depan,  kita tata sebaik mungkin. Jadi, teruslah  semangat untuk bekerja," timpal Soeprapto.

Ruangan asisten I-III  juga tidak luput dari perhatian pasangan kepala daerah tersebut. Demikian juga dengan ruangan organisasi. Ketika berada di ruangan Bagian Organisasi Setda Ketapang,  Martin dan Soeprapto menekankan pentingnya penataan organisasi.
 

Karena itu,  Martin  mempertanyakan penataan organisasi sehingga efektif dan efesien. Dalam merumuskan konsep penataan organisasi, Martin  meminta  bagian prganisasi melibatkan staf ahli dalam merumuskan konsep  sehingga organisasi bisa ditata tepat sasaran.

Demikian juga dengan Bagian Keuangan Setda dan Kantor Satpol PP Ketapang. Di Kantor Satpol PP Ketapang, keduanya memberikan arahan kepada para karyawan dalam apel di halaman.
Setelah itu,  peninjauan berlanjut ke Bagian Kepegawaian Setda Ketapang.
  Selain meninjau ruangan, keduanya berdialog dengan Kepala Bagian Kepegawaian Repalianto terkait penataan kepegawaian.

Bagian Humas Setda Ketapang juga  dikunjungi.  Bupati Ketapang meminta kerjasama dengan media massa terus ditingkatkan, khususnya dalam menyampaikan informasi pembangunan ke masyarakat.

Sementara di Bagian Tapem Setda Ketapang, Bupati dan Wakil Bupati Ketapang meminta penataan batas wilayah kecamatan dan desa untuk dikoordinasikan serta ditata  dengan baik, sehingga tidak menimbulkan persoalan di kemudian hari.
  Penataan tersebut harus dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku serta dikoordinasikan dengan instansi terkait.

"Untuk bagian hukum, saya kira tidak perlulah saya tinjau ruangannya,” kata Martin ketika berdialog dengan Kabag Hukum, Edy Radiansyah yang dilanjutkan dengan peninjauan ke ruangan Setda Ketapang.

Martin menegaskan,  peninjauan tersebut dilakukan sangat mendadak.  Tidak ada pemberitahuan sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk melihat kesiapan pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Saat jam kerja akan terlihat ada tidaknya pegawaidi ruangan. Karena itu Martin meminta seluruh PNS di Kabupaten Ketapang untuk tetap bersemangat dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. (teo/pat)