Dinsosnaker Kapuas Hulu Tak Membenarkan Adanya Sistem BHL

Regional

Editor sutan Dibaca : 1238

Dinsosnaker Kapuas Hulu Tak Membenarkan Adanya Sistem BHL
ANGKUT SAWIT - Petani mengangkut hasil panen buah kelapa sawit di perkebunan kelapa sawit, Kecamatan Tikke Raya, Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat. Di Kapuas Hulu, muncul permasalahan akibat merosotnya harga komoditi sawit. PT FPB mengalihfungsikan s

PUTUSSIBAU, SP – Kepala Dinas Sosial Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kapuas Hulu, Subandi tidak membenarkan tindakan PT First Borneo Plantation (FBP), perusahaan sawit yang mengurangi waktu kerja terhadap karyawan Buruh Harian Lepas (BHL) dan mengalihfungsikan kerja karyawan.  

Dia mengatakan, sesuai UU Ketenagakerjaan tidak dikenal istilah BHL di perusahaan kelapa sawit. "Memang tidak ada sebenarnya BHL itu, yang dikatakan pekerja itu yang sudah bekerja minimal 7 jam setiap harinya," katanya.                                          

Tindakan perusahaan itu, terindikasi disebabkan oleh krisis yang sedang menimpa manajemen perusahaan.   "Kalau untuk yang dikurangi waktu kerja itu kebanyakan Pekerja BHL, untuk jumlah BHL itu ada ratusan karyawan," kata seorang kayawan, Ajin yang bekerja sebagai sopir.  

Kondisi itu menurutnya sudah berlangsung semenjak Agustus 2015 lalu. Tidak hanya itu, karyawan yang awalnya sebagai supir dan tenaga lainnya dialihfungsikan menjadi tukang pangkas dahan sawit.  

"Kami juga aneh kenapa sampai seperti itu, dengan pengurangan waktu kerja mengurangi pendapatan kami, karena kalau hanya mengharap gaji pokok tidak bisa diandalkan," katanya  

Terkait hal itu, Subandi menyebutkan, Dinsosnaker belum mendapatkan laporan dari para karyawan terkait masalah yang menimpa di PT FBP.   "Kalau mengurangi waktu kerja dan pengalihfungsian kerja karyawan itu dibolehkan dalam aturan," katanya.  

Menurutnya, perusahaan tersebut mengalami krisis akibat menurunnya harga komoditi sawit di pasaran dunia. "Ini mungkin dampak krisis, kita minta semua pihak tegas mengatasi masalah ini," katanya. (sap/and)