PT LAP dan PT MP Bantu Pemkab Ketapang Atasi Kerusakan Jalan pada Tiga Kecamatan

Regional

Editor sutan Dibaca : 1477

PT LAP dan PT MP Bantu Pemkab Ketapang Atasi Kerusakan Jalan pada Tiga Kecamatan
PERBAIKAN JALAN- Management PT LAPdan PT MP melaksanakan program CSR, perbaikan jalan Kecamatan Pemahan – Kecamatan Tumbang Titi bersama dengan Camat Tumbang Titi, Polsek Tumbang Titi dan Koramil Tumbang Titi mengawasi pelaksanaan perbaikan jalan tersebu
KETAPANG, SP- Akses jalan di Kabupaten Ketapang yang menghubungkan Pelang hingga Tumbang Titi, saat ini dalam kondisi rusak. Satu di antaranya,  kondisi jalan yang menghubungkan  Kecamatan Pemahan dengan Kecamatan Tumbang Titi, Kabupaten Ketapang. Tapi, berkat dukungan pemkab dan swasta, kini akses jalan tersebut sudah mulus.

Akses jalan ini pun mempersingkat jarak tempuh warga.   Awalnya, jalan ini rusak,  karena musim hujan yang berkepanjangan serta banyaknya aktivitas  truk besar yang melintasi jalan tersebut. Kondisi ini pun menghambat aktivitas warga yang melintasi jalan tersebut.  

Bagaimana tidak, panjang jalan hanya berjarak sekitar 16 kilometer, saat ini warga yang melintasinya harus menempuh perjalanan selama 45 – 60 menit. Kondisi ini tentu merugikan masyarakat dari sisi ekonomis.   Hal ini belum lagi dirasakan para supir mengangkut barang kebutuhan pokok, jelas memakan waktu perjalanan yang lama ketimbang warga mengendarai motor.

Sebagai bahan perbandingan, para supir yang melintasi jalan tersebut dengan kecepatan standar 40 – 60 kilometer per jam, seharusnya ditempuh dengan waktu 15-20 menit. Tetapi, dengan kondisi jalan rusak, waktu tempuh lebih dari waktu  yang disebutkan.    

Selain akses tempuh yang lama,  kondisi jalan yang berlubang kerap kali dimanfaatkan oleh para oknum tertentu membuat matting / jembatan kayu dan dikutip dana dari masyarakat yang melintas.
Dengan  kondisi seperti itu,  Bupati  Ketapang mengundang perusahaan perkebunan kelapa sawit setempat, khususnya perusahaan yang berinvestasi di tiga kecamatan.  

Adapun daerah yang dimaksud, yakni Kecamatan Tumbang Titi, Kecamatan Pemahan dan Kecamatan Sungai Melayu. Pihak perusahaan diminta berkoordinasi menyelesaikan permasalahan infrastruktur yang buruk tadi.

Pasalnya, Pemkab Ketapang sendiri memiliki keterbatasan dana untuk memperbaiki jalan tersebut, lantaran membutuhkan dana yang besar.   Rapat koordinasi yang digelar Bupati bersama perusahaan, hasilnya, pihak perusahaan berkomitmen bersama – sama untuk melakukan perbaikan jalan. Satu di antara yang berkomitmen memperbaiki jalan rusak tersebut yakni PT Lestari Abadi Perkasa (PT LAP) dan PT Mentari Pratama (PT MP).

Manager Humas PT LAP, Syafrudin menyampaikan, PT LAP dan MP melalui program CSR perusahaan melaksanakan perbaikan jalan di Kecamatan Pemahan hingga Kecamatan Tumbang Titi.
  “Kami laksanakan perbaikan secara bertahap, namun saat ini kami fokus kepada jalan – jalan yang berlumpur dan lubang yang dalam,” tuturnya.  

Perbaikan jalan ini dilaksanakan bersama – sama dengan pihak Kecamatan Tumbang Titi dan itu langsung ditinjau oleh Camat Tumbang Titi, Alipius bersama Polsek dan Koramil Tumbang Titi serta berkoordinasi dengan kepala desa, di mana wilayahnya mendapat perbaikan jalan.

Seperti sepanjang jalan yang menghubungkan Kecamatan Pemahan-Tumbang Titi.   “Perbaikan jalan yang kami laksanakan menggunakan alat berat milik PT LAP dan PT MP, sedangkan batu yang digunakan untuk menimbun berasal dari Dusun Marau Sinar Bulan Desa Aur Gading,” tutur Syafrudin.  

Pihak perusahaan mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang ikut membantu dalam proses perbaikan jalan, terlebih lagi masyarakat bekerja sama dengan baik, khususnya dengan ikut membongkar matting atau  kayu yang dipasang di jalan yang selama ini sebagai akses alternatif digunakan untuk melintas di wilayah tersebut.  

Public Relation PT LAP dan PT MP, Sahat Siregar menyampaikan, sebelumnya pihaknya telah bekerja sama dengan perusahaan BGA di Kecamatan Pemahan untuk perbaikan jalan dari Desa Pengatapan menuju Kecamatan Pemahan. 

Ia berharap dengan diperbaikinya jalan ini, bisa bersama – sama masyarakat Kabupaten Ketapang dapat melintasi jalan dari Kecamatan Tumbang Titi hingga Kecamatan Pemahan ini dengan nyaman dan aman.   “Harapan akhir, masyarakat bisa mengakses jalan tersebut  dengan cepat,  secara ekonomis dapat mempersingkat waktu dan secara keamanan dapat terhindar dari kecelakaan,” tuturnya. (adv/*)