Jembatan Tayan di Kabupaten Sanggau Punya Nilai Jual Pariwisata

Regional

Editor sutan Dibaca : 1094

Jembatan Tayan di Kabupaten Sanggau Punya Nilai Jual Pariwisata
Warga menjadikan Jembatan Pulau Tayan menjadi ikon dan satu tempat wisata baru. (Suara Pemred/ INDRA))
SANGGAU, SP - Jembatan Tayan yang kini menjadi perbincangan masyarakat Kalbar karena keindahannya, juga menjadi perhatian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sanggau.  
Seperti yang dikatakan Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sanggau, Bahzar.

Ia mengatakan, jembatan terpanjang kedua di Indonesia tersebut, memiliki nilai jual tinggi untuk dijadikan objek pariwisata di Kalbar, khususnya Kabupaten Sanggau.  

"Kita sudah mengecek di sana (Jembatan Tayan, red), ada tempat yang cocok sekali untuk kita jadikan objek pariwisata di situ, dan semuanya telah kita rencanakan kedepannya," ujar Bahzar.  

Lokasi itu berada di bawah jembatan di Pulau Tayan, pertengahan antara Tayan dan Toba. Di lokasi itu bakal dibangun tempat untuk istirahat. Bakal ada restoran, tempat peristirahatan, dan tempat pemancingan.  

“Bahkan ada kapal wisata untuk para pengunjung mengelilingi pulau, sembari melihat keindahan Jembatan Tayan tersebut," ulasnya.  

Tak hanya itu, bisa saja di lokasi itu dibangun hotel, sehingga para pengunjung dapat menginap. Agar bisa menikmati liburan sepanjang hari di lokasi tersebut. 

 "Andaikan ini kita tata sebaik mungkin, saya yakin akan menjadi sangat indah dan menarik para wisatawan, baik dari Kalbar maupun luar provinsi. Itu pasti menjadi satu aset yang sangat berharga," ujarnya.  

Hanya saja rencana tersebut baru diperbincangkan di bagian internal instansinya, belum menyebar luas. Bahkan, rencana itu belum dilakukan kepada Pemda Sanggau. 

 “Saya yakin setelah diresmikan ini, keinginan kita akan disambut dengan baik. Baik itu dari Pemda Sanggau, mau pun Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi," pungkasnya.  

Rusman Ali, Bupati Kabupaten Kubu Raya usai menghadiri peresmian Jembatan Kapuas Tayan menyatakan, dengan peresmian jembatan ini, ekonomi semakin meningkat lancar.

Terutama ke wilayah lain di Kabupaten Kubu Raya, seperti ke Rasau, Teluk Pakedai dan Kabupaten Kayong Utara.   “Saya berharap ekonomi supaya meningkat, agar kerjasama dari seluruh kabupaten dan  kecamatan bisa lebih cepat,” ungkapnya kepada Suara Pemred. (pul/del)