Kabupaten Sekadau jadi Pelaksana Penerbitan KIA Pertama di Kalbar

Regional

Editor sutan Dibaca : 1189

Kabupaten Sekadau jadi Pelaksana Penerbitan KIA Pertama di Kalbar
Pembuatan Kartu Identitas Anak Diperkirakan Mulai Maret atau April 2016. (kependudukan.jogjaprov.go.id)
SEKADAU, SP Pemerintah mulai menerapkan program Kartu Identitas Anak (KIA) tahun 2016 ini. Tercatat, ada 50 daerah yang masuk sebagai pelaksana penerbitan Kartu Identitas Penduduk (KTP) untuk anak di bawah usia 17 tahun ini, termasuk Kabupaten Sekadau.

Kabupaten Sekadau merupakan satu-satunya kabupaten atau kota di Kalimantan Barat sebagai pelaksana penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) tahun 2016.

Ini pun menjadi kebanggan sekaligus menjadi tantangan tersendiri bagi Pemkab untuk menyukseskan program tersebut. Berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 471.1-866 Tahun 2016 Tentang Penetapan Kabupaten/Kota Sebagai Pelaksana Penerbitan Kartu Identitas Anak Tahun 2016.

Sebanyak 50 kabupaten atau kota yang masuk sebagai pelaksana penerbitan KIA tahap pertama, salah satunya Sekadau. Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Yohanes Jhon, menyambut baik kebijakan tersebut.

Ia mengatakan, penetapan ini menjadi kebanggan tersendiri, karena Sekadau menjadi salah satu kabupaten projek atau percontohan bagi kabupaten lainnya.

Untuk itu, dirinya meminta kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, untuk bekerjasama menyukseskan program pemerintah pusat ini.

“Kabupaten atau kota untuk program KIA ini, telah memiliki cakupan akta kelahiran lebih dari 75 persen,” terangnya, Selasa (22/3).

Ia menjelaskan, ada banyak manfaat dari penerapan KIA ini, seperti sebagai tanda atau pengenal yang sah bagi remaja di bawah usia 17 tahun, untuk mengurus dokumen dan lainnya.

Dalam pelaksanaannya, Jhon berpesan kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sekadau, untuk melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat dan daerah terlebih dahulu.

Pasalnya, program ini menggunakan dana dari APBD. “Tentu dengan pelaksanan ini nantinya bisa berjalan lancar dan seluruh anak di Sekadau bisa memiliki KIA,” tuturnya. (akh/bob)