Hutan Lindung Taman Wisata Alam Gunung Melintang di Kabupaten Sambas, Kalbar Terbakar

Regional

Editor sutan Dibaca : 2153

Hutan Lindung Taman Wisata Alam Gunung Melintang di Kabupaten Sambas, Kalbar  Terbakar
Gunung Melintang ditunjuk dan ditetapkan berdasarkan RTRWP Kalimantan Barat Tahun 1995 (Zonasi kawasan sebagai Taman Wisata Alam seluas 17.640 ha. (skw3bksdakalbar.blogspot.com)
SAMBAS, SP – Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Sambas kembali terjadi di musim kemarau ini, sekitar 100 hektare lahan di Dusun Senipahan, Desa Sentaban, Kecamatan Sajingan BesarKabupaten Sambas, terbakar.  

Diduga api juga menjalar hingga ke kawasan hutan lindung Taman Wisata Alam Gunung Melintang.   Warga Sambas bernama Heri, Selasa (29/3), menduga kebakaran lahan terjadi pada Minggu (27/3/2016).  

Tapi angin kencang dan kondisi lahan sedang kering,  api kembali menyala dan semakin membesar pada Senin (28/3) pagi sekitar pukul 06.00 WIB. 

 “Saat ini sudah banyak personil dari aparat keamanan dan kecamatan serta dari pihak perusahaan yang berada di lokasi untuk memadamkan api agar tidak merambah ke lahan lain,” ujar Heri.  

Beberapa petugas Manggala Agni dan karyawan PT KMP juga tampak berusaha melokalisir api agar tidak semakin membesar.   Menurut Heri, lokasi kebakaran berada disekitar 38 kilometer dari jalan raya dan sekitar pukul pukul 16.00 WIB api berhasil dipadamkan.  

Heri juga belum dapat memastikan 100 lebih hektar lahan yang terbakar apakah lahan gambut yang dulunya merupakan bekas lokasi perkebunan PT WHS yang kini tidak beroperasi lagi.  

Saat kebakaran lahan terlihat api juga melahap areal perkebunan dari PT KMP yang juga berada dekat areal PT WHS hingga kawasan hutan lindung Taman Wisata Alam gunung Melintang.  

Diperkirakan kawasan Hutan Lindung yang berdekatan dengan air terjun Riam Merasap juga terkena imbas kebakaran lahan. Karena letak hutan lindung di Desa Sentaban, Kecamatan Sajingan BesarKabupaten Sambas.  

 Hutan Lindung Gunung Melintang, secara administratif berada di Kecamatan Paloh dan sebagian kecil di Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas.  

Berdasarkan SK Menteri Kehutanan Nomor: 107/Menhut-II/2013 tanggal 12 Februari 2013, luasnya ditetapkan 21.172 hektare. Wilayah nya merupakan habitat beragam fauna seperti monyet ekor panjang, trenggiling, jenis enggang, juga reptil.  

Data BKSDA Kalbar menyebutkan  wilayah ini dulunya merupakan areal HPH PT. YAMAKER. Terdapat kebun sawit dalam kawasan seluas 915 hektare milik PT. Kaliau Mas Perkasa II, tahun 2011, serta PT. WHS tepatnya di Desa Sentaban, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas. (nov/aju)