Empat Pemancing Hilang, Ditemukan Selamat di Perairan Muara Ketapang

Regional

Editor sutan Dibaca : 1262

Empat Pemancing Hilang,  Ditemukan Selamat di Perairan Muara Ketapang
Petugas TIM SAR GABUNGAN. (SUARA PEMRED)
PONTIANAK, SP – Kantor SAR Pontianak berhasil menemukan empat orang pemancing yang dinyatakan hilang sejak sejak Jumat (25/03) lalu.

Keempat warga Kabupaten Ketapang tersebut, ditemukan selamat dengan kondisi kapal mengapung karena mengalami mati mesin di kawasan perairan sekitar 20 NM barat daya dari Muara Ketapang, Senin (28/3) malam.


Keempat pemancing itu sebelumnya berlabuh menggunakan sebuah kapal motor dari pelabuhan Sukabangun menuju kawasan perairan Pesaguan Kabupaten Ketapang untuk memancing ikan. “Jumat (25/03), telah berangkat empat orang pemancing dari tanggal keberangkatan itu hingga Senin (28/03), mereka tidak bisa dihubungi dan tidak ada kabar berita, sehingga hal itu dilaporkan ke Kantor SAR Pontianak,” ungkap Humas Kantor SAR Pontianak, Untung, Selasa (29/3).

Atas laporan tersebut, pihaknya membentuk dan memberangkatkan satu tim guna memastikan keadaan dari keempat pemancing tersebut.

Dari hasil koordinasi pihaknya bersama Satpol Air Ketapang serta nelayan setempat, diketahui jika kapal motor yang ditumpangi empat pemancing tersebut terlihat di sekitar 30 NM arah barat daya Muara Ketapang.

“Guna memberikan pelayanan SAR yang cepat dan efisien, Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Kantor SAR Pontianak, Sat PoL Air Ketapang dan masyarakat melakukan penyisiran di sekitar kapal korban terakhir tersebut,” jelasnya.

Setelah melakukan penyisiran di kawasan 6 NM kerah selatan dan timur dari posisi korban terakhir terlihat adanya tanda keberadaan kapal tersebut.  Nelayan yang melintasi kawasan tersebut melaporkan jika keempat pemancing serta kapal yang dinaikinya dilihatnya berada di sekitar 20 NM barat daya dari muara Ketapang.


“Laporan itu merupakan titik terang, tim sar gabungan bergerak menyusuri kawasan itu dan kita dapati kondisi kapal dalam keadaan mati mesin dan terapung-apung di lautan dengan empat orang pemancing yang selamat,” jelasnya.

Pihaknya kemudian melakukan perbaikan terhadap kapal yang mengalami mati mesin tersebut. Setelah mesin kapal kembali baik dan dapat berjalan normal, kapal serta keempat pemancing itu melanjutkan perjalanananya.

 “Dan mereka dapat pulang dengan selamat menuju Pelabuhan Sukabangun Ketapang,” tukasnya. (yoo/ind)