142 Personil Polres Ketapang Ikuti Tes Kesehatan Jiwa

Regional

Editor sutan Dibaca : 1205

142 Personil Polres Ketapang Ikuti Tes Kesehatan Jiwa
Suasana tes kesehatan jiwa diikuti 142 personil Polres di aula Mapolres Ketapang, Kamis (31/3) pagi. SUARA PEMRED/TEO
KETAPANG, SP – Sedikitnya 142 anggota Polres Ketapang mengikuti tes kesehatan jiwa di aula Mapolres Ketapang, Kamis (31/3). Tes kali ini bertujuan untuk mendeteksi dini kepada para personil yang memegang senjata api yang bermasalah. Seperti dengan Propam maupun yang memiliki beban kerja lebih untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Kapolres Ketapang, AKBP Hady Poerwanto mengatakan, untuk tes kejiwaan kali ini, dari 142 anggota yang mengikuti terdiri dari perwira dan bintara yang mengikuti tes kesehatan jiwa yang dilakukan oleh pihak Bidokkes Polda Kalbar.

"Yang mengikuti tes kesehatan jiwa ada 142 personil terdiri personil yang memegang senjata api, personil yang bermasalah, personil dengan beban kerja lebih," tuturnya, Kamis (31/3).

Hasil ini nantinya bisa dilihat, apakah ada anggota yang berpotensi melakukan hal tidak diinginkan, terlebih di Ketapang ada dua kejadian anggota yang melakukan tindakan yang tidak perlu dilakukan di lapangan.

"Makanya tes kejiwaan dilakukan, untuk di Ketapang tahun lalu sudah dilakukan satu kali tes sedangkan tahun ini sudah dilakukan dua kali tes," katanya.

Namun, diakuinya sampai saat ini belum ada anggota yang mengikuti tes ditemukan adanya gangguan kejiwaan, akan tetapi ia mengaku jika ke depan ada hasil tes anggota yang mengarah ke  arah negatif tentu akan ditindak.

"Kalau memang ada akan ditarik dari sini dan ditugaskan di bina serta ditugaskan di Polda," terangnya.

Kabid Kedokteran dan Kesehatan Polda Kalbar, AKBP dr Tri YP, kegiatan tes kesehatan jiwa merupakan program Polda Kalbar yang diikuti seluruh Polres.

Saat ini sudah ada beberapa wilayah yang dilakukan tes kejiwaan, dan termasuk Ketapang. Adapun untuk Ketapang, rincian personil mennjalani tes kejiwaaan, 95 personil yang menggunakan senjata api, 16 Kapolsek, 31 anggota umum yang memiliki masalah dengan Propam.

Seperti personil yang bermasalah dengan kekerasan dalam rumah tangga maupun anggota yang memiliki beban tugas lebih diminta untuk ikut dalam tes kejiwaan.

"Tes yang diberikan berbentuk soal tertulis yang mana peserta harus mengisi total soal 566 soal, nantinya jawaban dari peserta akan kita analisis bersama pakar psikiater dari sungai bangkong karena kita ada kerjasama dengan pihak RS Jiwa di sana," terangnya. (teo/loh)