Terminal Bandara Pangsuma Putussibau, Kapuas Hulu Beroperasi

Regional

Editor sutan Dibaca : 1694

Terminal Bandara Pangsuma Putussibau, Kapuas Hulu  Beroperasi
Pasca direnovasi, Terminal Bandara Pangsuma Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, kini sudah siap beroperasi menjelang lebaran. SUARA PEMRED/SYAPARI
PUTUSSIBAU, SP - Kepala Bandara Pangsuma Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu, Haryanto menyebutkan, terminal bandara sudah rampung dan dapat dipergunakan dalam menyambut  Idulfitri.   "Pembangunan gedung itu memang sudah seharusnya dibangun, selain itu juga untuk persiapan menyambut Idulfitri," katanya, Jumat (1/7).  

Sebelum direnovasi, terminal tersebut sudah tidak layak secara kapasitas penumpang. "Peresmiannya pada 29 Juni. Pengerjaan tahun ini, untuk melengkapi sarana dan pra sarana seperti toilet, listrik dan lainnya," terangnya.  

Kini terminal baru tersebut, berdaya tampung sebanyak 200 penumpang. Sehingga bila pesawat delay, penumpang dapat menunggu tanpa perlu berdesakan.
"Satu pesawat itu hanya sekitar 72 kursi, kalaupun dua pesawat yang delay ruangan itu masih mampu menampung," katanya.  

Terkait lonjakan penumpang jelang hari raya, menurutnya hal itu tidak akan terjadi. "Trend di Putussibau beda dengan daerah lain, di sni tidak terjadi lonjakan penumpang saat lebaran, tapi waktu liburan terjadi lonjakan penumpang," jelasnya.  

Lonjakan penumpang pada waktu itu, karena bertepatan dengan libur panjang, sehingga penumpang tidak menumpuk di hari raya.   "Saat ini harga tiket dan penumpang masih normal, diprediksikan sampai habis lebaran pun juga tidak terjadi lonjakan dan kenaikan harga tiket," ujarnya.  

Dia juga memastikan, pesawat tidak mengalami kendala dalam mengangkut para penumpang baik sebelum, maupun sesudah lebaran. Sementara untuk cuaca diprediksikan curah hujan tinggi sampai Juli mendatang.   "Saya mengimbau, agar tidak main layang-layang di sekitar bandara karena dapat mengganggu penerbangan, tali bisa melilit baling-baling pesawat," katanya. (sap/and/sut)  

Komentar