Raja Sintang: Pengamanan Wilayah Timur Kalbar Diperkuat

Regional

Editor sutan Dibaca : 912

Raja Sintang: Pengamanan Wilayah Timur Kalbar Diperkuat
Kapolda Kalbar Irjen Musyafak dengan Wakapolda Kalbar Brigjen Joko Irianto. (SUARA PEMRED)
PONTIANAK, SP- Berbagai kalangan di Bumi Khatulistiwa bangga sekaligus berharap banyak atas kenaikan status Polda Kalbar dari tipe B menjadi tipe A.

Di antaranya, Raja Sintang, Sultan Muhammad Ikhsan Kesuma Negara V.
  "Perubahan tipe itu tentu menjadi tantangan bagi jajaran Polda Kalbar dalam menyelesaikan berbagai kasus di wilayah hukumnya," harapnya di Sintang, Minggu (21/8).  

Menurut Raja Sintang, kasus yang sangat penting ditangani pihak polda yakni narkoba. Ini karena banyaknya  jalan tikus di wilayah perbatasan Kalbar-Malaysia termasuk di Sintang. "Kami berharap, pengamanan wilayah timur Kalbar, khususnya Sintang, juga diperkuat," kata Raja Sintang.    

Tak hanya narkoba yang menjadi keprihatinan Raja Sintang. Perdagangan manusia juga diharapkan ditekan. "Perdagangan manusia tentu harus juga menjadi perhatian Polda di masa mendatang," ujarnya.  

Raja Sintang atas nama masyarakatnya mengucapkan selamat atas perubahan level Polda Kalbar menjadi tipe A. "Dengan kenaikan tipe itu tentunya kinerja jajaran Polda Kalbar lebih meningkat dan berintegritas dalam menangani kasus-kasus kejahatan," tukasnya.  

Senada itu, Bupati Landak Adrianus Asia Sidot berharap  semakin baiknya kinerja jajaran Polda sampai polsek hingga pospol. Penegakan hukum diharapkan dilaksanakan secara adil dan konsisten.
 

"Angka-angka kriminal harus semakin ditekan serendah-rendahnya. Terutama peredaran narkoba, minuman keras, dan perjudian.  Semoga polisi juga semakin arif dan bijaksana mengayomi masyarakat, memberikan rasa aman kepada masyarakat,” ungkap Adrianus.
 

Wakil Bupati Sintang, Askiman berharap kenaikan status jadi tipe A Polda Kalbar akan membuat pengananan kasus hukum menjadi lebih profesional. "Jangan sampai terkesan mencari-cari kesalahan masyarakat, dan membuat tidak tenang pelaku usaha, akibat berbagai praktik kriminalisasi hukum," ujarnya.  

Ditambahkan, peredaran narkoba dari Negara Bagian Sarawak, Federasi Malaysia, sudah sangat mendesak ditangani lebih serius, sehingga kenaikan tipe Polda Kalbar bisa membawa perubahan sangat signifikan bagi masyarakat di Bumi Khatulistiwa.(tim/pat/hd/sut)