Keamanan Terkendali, Unjuk Rasa Damai di Kota Pontianak Tertib

Regional

Editor sutan Dibaca : 1474

Keamanan Terkendali, Unjuk Rasa Damai di Kota Pontianak Tertib
Peserta unjuk rasa damai ketika melintasi Jalan Ahmad Yani, Kota Pontianak. (SP/ YODI)
PONTIANAK, SP – Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polisi Republik Indonesia (Polri), berjaga-jaga di seluruh masjid dan gereja di Kota Pontianak, mengantisipasi sesuatu yang tidak diinginkan.

Pengamanan  dilakukan dalam mensikapi  unjuk rasa damai menuntut proses hukum Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, dengan dugaan penistaan agama,  Jumat (4/11/2016). Sampai pukul 16.00 WIB, Jumat (4/11), TNI dan Polri bersenjata lengkap terlihat masih menjaga rumah ibadah.

Penjagaan mencolok terjadi di Gereja Katederal Santo Josep, Jalan Patimura, Gereja Kristen Kalimantan Barat (GKKB), Jalan Gajah Mada, Pontianak dan Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) di Jalan Sutan Syahrir, Pontianak Selatan.

 Saat bersamaan, ratusan warga menggelar aksi damai di Kantor Gubernur Kalbar dan DPRD Provinsi Kalbar, Jalan Ahmad Yani, Kota Pontianak.  Aksi unjuk rasa damai, membuat jalan disepanjang Jalan Ahmad Yani, menjadi macet. Untuk menghindari itu, warga memilih melewati Jalan Adisucipo, Jalan Imam Bonjol dan Jalan Tanjungpura, Pontianak Selatan.  Aparat kepolisian tampak sibuk mengatur alur lalulintas.

Sementara warga terlibat melakukan aktivitas seperti biasa. Di sejumlah rumah makan dan minum, tetap ramai dikunjungi konsumen, sambil menonton televisi yang menyiarkan aksi unjukrasa di Jakarta.  

Kapolda Kalbar Irjen Polisi Musyafak, mengatakan, penjagaan seluruh tempat ibadat berlangsung hingga Sabtu (5/11) pagi, untuk menghindari tindakan  yang bisa mengeruhkan suasana.  Musyafak dan Andika mengaku optimis keamanan seluruh wilayah Provinsi Kalimantan Barat, bisa dikendalikan berkat kesadaran,  dan peran aktif tokoh masyarakat, dalam memberikan pemahaman dan pengertian kepada masyarakat. (aju/sut)