OJK Kalbar Ajak Nasabah BRI Tenang

Regional

Editor sutan Dibaca : 1046

OJK Kalbar Ajak Nasabah BRI Tenang
ATM Bank BRI (beritaone.com)
PONTIANAK, SP - Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalbar, Asep Ruswandi meminta nasabah BRI tenang dan meminta BRI mengganti semua saldo nasabahnya yang menjadi korban pembobolan rekening oleh pelaku kejahatan.  

"Kita akan konfirmasikan ke pihak BRI dahulu, artinya jika nasabah ini terbukti tidak lalai, tentu BRI harus mengganti semua saldo nasabahnya yang hilang," tutur Asep, Selasa (1/11).
 

Asep beranggapan bahwa, hilangnya uang nasabah BRI yang terjadi kemungkinan besar ada oknum yang memanfaatkan Informatika Teknologi (IT) dari BRI.   "Besok akan kita rapatkan hal ini," tuturnya, Jumat (4/11).

Anggota Komisi II, DPRD Kalbar, Mulyadi Tawik mendorong BRI meningkatkan sistem keamanan yang lebih canggih, sehingga nasabah tidak perlu khawatir bila suatu saat kartu ATM miliknya hilang.

"Hacker atau apalah namanya, walaupun memiliki kartu ATM nasabah, tetap tidak bisa membobol rekening. Kan di ATM itu ada CCTV. Kalau memang sistemnya bisa mendeteksi ATM itu digunakan bukan oleh si pemilik, ya langsung diblokir," terangnya.

Ia menuturkan, dengan kasus pembobolan yang belum lama ini terjadi, tanggung jawab sepenuhnya dibebankan ke pihak bank. "Tapi kalau memang nasabahnya yang ceroboh, pihak bank tidak bisa disalahkan," ucapnya.

Untuk menjaga sistem keamanan, terang Mulyadi, setiap bank hendaknya melalukan evaluasi berkala. Sebab di era teknologi dan informasi, sistem keamanan suatu bank bisa saja diretas oleh orang yang mengerti dan mempunyai niat jahat. (ova/umr/loh/sut)