Malaysia Deportasi Puluhan TKI Bermasalah

Regional

Editor sutan Dibaca : 711

Malaysia Deportasi Puluhan TKI Bermasalah
TKI Entikong- TKI bermasalah yang dideportasi dari Sarawak, Malaysia berada di Kawasan PLBN Terpadu Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalbar. (ist)
PONTIANAK, SP – Otoritas berwenang di Negara Bagian Sarawak, Federasi Malaysia, mendeportasi 48 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang tidak dilengkapi dokumen resmi. "Para TKI bermasalah dideportasi menggunakan satu unit Bus Bintang Jaya dan tiba di PLBN  Entikong, Kabupaten Sanggau," kata Kombes  Suhadi, Kabid Humas Polda Kalbar.

Menurut Suhadi, dari hasil investigasi di Entikong, seluruh TKI yang dideportasi, merupakan korban penipuan calo, karena digaji tidak sesuai perjanjian dan bahkan ada di antaranya tidak pernah mendapatkan gaji.  Ada pula di antaranya masuk ke wilayah Negara Bagian Sarawak, Federasi Malaysia, sama sekali tidak dilengkapi dokumen paspor.

Dari 48 TKI bermasalah, satu orang di antaranya memang sengaja dipulangkan karena dalam keadaan sakit.  Sedangkan ke-47 orang lainnya, sebanyak 4 orang dari Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Selatan 6 orang, NTB 4 orang Jabar 1 orang, Jatim 2 orang Jateng 1 orang, Lampung 2 dan DKI Jakarta  satu orang.

Total jumlah keseluruhan 48 orang  sebagai berikut, laki laki 42 orang, perempuan 3 orang, anak anak 3 orang anak anak, setelah dilakukan proses scanning ke 48 orang TKI bermasalah tersebut diberangkatkan ke  Kantor Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat dengan menggunakan Bus KB 7110 A  dan Mobil  KB 7505 LA. 

 Tepat pukul 09.30 WIB, Rabu (9/11), bus yang membawa TKI bermasalah berangkat meninggalkan  PLBN terpadu di  Entikong, Kabupaten Sanggau. (aju)