Abang Nasir: Ada Pengusaha Lirik Tepung Mokab

Kapuas Hulu

Editor sutan Dibaca : 801

Abang Nasir:  Ada Pengusaha Lirik Tepung Mokab
Kebun Ubi Kayu (ist)
PUTUSSIBAU, SP- Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir mengatakan saat ini pemkab fokus mengembangkan pengolahan ubi kayu dan jagung menjadi tepung mokab. Pasalnya, komoditas ini  bisa menjadi produk andalan.  

"Saat ini,  sudah ada pihak perusahaan yang datang dan menyatakan siap untuk membeli berapa banyak pun jumlah tepung mokab yang diproduksi oleh petani kita," katanya kemarin.  

Menurut Nasir, wilayahnya memiliki potensi yang sangat besar dalam pengembangan kedua komoditas tersebut. Sebab,  luas lahan dan jenis tanah yang sangat mendukung.  

"Ke depannya bila komoditas tersebut dikembangkan secara maksimal maka akan mampu mensejahterakan masyarakat," ujarnya.  

Nasir menyebutkan  beberapa kecamatan di Pesisir Sungai Kapuas, jumlah penggunaan tepung ini sudah mencapai 10 ton perbulannya. Artinya, pemasarannya sangat  luas dan terbuka lebar.  

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan KKH , Abdurrasyid mengungkapkan saat ini luas lahan tanaman untuk komoditi jagung, ubi kayu, dan kedelai mencapai 1. 215 hektar. Semuanya tersebar di seluruh kecamatan di KKH.  

"Jumlah ini masih sangat kecil, bila dibandingkan dengan luas potensi lahan pertanian di KKH, memang belum maksimal, oleh karena itu kita akan tingkatkan," tuturnya.  

Dia mengungkapkan tahun ini luas pengembangan ubi kayu yang diolah menjadi tepung mokab mencapai 350 hektar.

Sementara,  untuk pengembangan jagung  1.500 hektar dan akan dikembangkan pada tahun 2017 yakni  500 hektar.    Pengolahan tepung mokab tersebut dipusatkan di Desa Trans Suka Maju, Kecamatan Mentebah.  (sap/mul)