Tim Gabungan Petakan Wilayah Rawan Mudik

Kapuas Hulu

Editor Kiwi Dibaca : 359

Tim Gabungan Petakan Wilayah Rawan Mudik
CEK KENDARAAN – Dishub dan Satlantas Polres Kapuas Hulu, mengecek kelayakan kendaraan angkutan umum, untuk memastikan arus mudik lebaran dapat berjalan lancar. Dua instansi ini juga telah memetakan beberapa wilayah rawan mudik di Bumi Uncak Kapuas. SUARA
PUTUSSIBAU, SP - Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Kapuas Hulu, memastikan arus mudik lebaran dalam rangka perayaan Hari Raya Idul Fitri 1438 H berjalan lancar. Dua instansi ini telah memetakan beberapa wilayah rawan mudik di Bumi Uncak Kapuas.  

Selain pemetaan yang dilakukan dengan pemeriksaan langsung ke wilayah-wilayah yang dianggap rawan, dua instansi tersebut juga memastikan moda tarnsportasi umum yang beroprrasi saat ini, layak mengangkut para penumpang.  

"Kami sudah mengecek kelaikan bis angkutan lebaran di terminal Perintis dan Sentosa. Pengecekan tersebut untuk persiapan lebaran, agar masyarakat aman dan nyaman saat mudik,” kata Kasat Lantas Polres Kapuas Hulu, Iptu Kamto.   Dijelaskannya, setidaknya ada sembilan jenis kelayakan yang dicek oleh tim gabungan terhadap bis angkutan penumpang yang ada di Putussibau. Mulai dari kelengkapan surat-surat, pengecekan fisik kendaraan, misalnya rem, gas, ban, mesin, dan beberapa hal lainnya.  

Dari hasil pengecekan yang dilakukan, papar Iptu Kamto,  bis-bis di Putussibau masih layak beroperasi. Dengan adanya pengecekan yang mendalam, ia berharap bisa mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas saat mudik lebaran.
  “Pengecekan ini sebagai antisipasi terjadinya kecelakaan, apalagi saat lebaran penggunaan bis akan meningkat,” tuturnya.   Diakuinya, dari sekian banyak kendaraan memang masih ada yang mendapatkan catatan dan harus segera diperbaiki. Menjelang lebaran kali ini, pihaknya tidak hanya melakukan pemeriksaan terhadap bis saja.  

Namun juga mengecek jembatan yang ada di Kapuas Hulu, utamanya yang sering dilalui oleh masyarakat untuk arus mudik lebaran. Ada tiga jembatan yang dicek. Polres dan Dishub ingin memastikan kondisi jembatan yang rawan tersebut.   Sekretaris Dishub Kapuas Hulu, Halim Perana mengungkapkan, pihaknya bersama Satlantas Polres Kapuas Hulu sudah mengecek kelayakan kendaraan angkutan umum yang banyak beroperasi di Kapuas Hulu, yaitu Bis Sentosa dan Bis Hidayah serta Perintis. 

  "Jadi kesiapan pelayanan arus mudik tidak ada masalah. Kami sudah mengecek dan akan terus mengawasi hingga puncak arus mudik nantinya," kata Halim.  

Terkait titik-titik rawan dan padat arus mudik di wilayah Kapuas Hulu, menurut Halim merupakan kewenangan pihak kepolisian khususnya Satlantas Polres Kapuas Hulu. Namun, meskipun demikian Dishub akan bekerja sama dengan semua pihak.  

“Kami mengimbau kepada seluruh pengguna jalan, untuk selalu tertib berlalu lintas dan mentaati peraturan yang ada. Jaga keselamatan saat mudik, sebelum berangkat cek kendaraan dulu, kalaupun kondisi mengantuk sebaiknya istirahat terlebih dahulu," terangnya  

Ditambahkannya, menjelang Hari Raya Idul Fitri pihaknya akan membangun pos di beberapa titik, termasuk daerah perbatasan wilayah Kapuas Hulu.  

"Pos tersebut akan dibangun di Kecamatan Silat, perbatasan Kapuas Hulu dengan Kabupaten Sintang. Kemudian di Kecamatan Badau, perbatasan Indonesia-Malaysia dan di Putussibau, ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu," jelasnya. (sap/mul)