Setda Tingkatkan Aturan Protokoler

Kapuas Hulu

Editor Kiwi Dibaca : 321

Setda Tingkatkan Aturan Protokoler
SAMBUTAN - Sekda Kapuas Hulu, H Muhammad Sukri, memberikan sambutan paa pembukaan Pelatihan Keprotokolan, yang berlangsung di Gedung Graha Korpri Putussibau, Senin (4/9) pagi WIB
PUTUSSIBAU, SP- Sebanyak 40 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu, mengikuti Pelatihan Keprotokolan, yang berlangsung di Gedung Graha Korpri Putussibau, Senin (4/9) pagi WIB. Menurut Sekda Kapuas Hulu, H Muhammad Sukri, keprotokolan adalah aturan yang harus diterapkan dalam berbagai kegiatan formal. 

  "Ada yang berupa penghormatan kunjungan kepada kepala negara, menteri atau seremoni, yang merupakan bagian dari sejarah antar bangsa," ujar H Sukri.

 Kepotrokolan juga mengatur kunjungan resmi bupati, sebagai kepala daerah, ke berbagai wilayah. Agar kunjungan tersebut sesuai ketentuan yang berlaku, maka penerapan protokoler harus disusun dengan baik. Apabila protokoler tidak baik, bisa menimbulkan ketidaknyamanan dalam acara pemerintahan.   

"Sebab itu, diperlukan pelatihan keprotokolan, agar pelaksanaan acara pemerintah bisa sesuai prosedur," paparnya.   Protokoler tidak bisa dilepaskan dari kegiatan Pemkab Kapuas Hulu. Di sisi lain, agenda kunjungan negara tetangga dari perbatasan Kapuas Hulu juga meningkat setiap tahun.

Oleh karena itu, protokoler standar global harus diketahui masing-masing OPD.   

"Setiap OPD hendaknya bekerjasama dengan bagian Humas dan Protokoler Setda Kapuas Hulu. Sehingga pemandu acara, bisa menggunakan bahasa baku pemerintahan," terang H Sukri.   Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Kapuas Hulu, H Sarbani MAP mengatakan, seluruh peserta pelatihan berasal dari  ASN utusan masing-masing OPD.   "Kegiatan dilaksanakan enam hari, dari 4-9 September 2017," tuturnya.  

Adapun materi dalam pelatihan tersebut, diberikan dalam 60 jam pembelajaran. Itu juga disesuaikan dengan mekanisme kebutuhan protokoler Pemeritah.   

"Narasumber pelatihan, kami datangkan dari Biro Humas Protokol Pemprov Kalbar," jelas H Sarbani. Ia berharap, para perserta pelatihan protokoler ini, bisa jadi sistem pendukung dalam mempersiapkan acara resmi di masing-masing OPD.

“Sehingga penyelenggaraannya bisa baik dan khidmat,” pungkasnya. (sap/mul)
 

Komentar