Pastikan Pasokan Mencukupi

Kapuas Hulu

Editor Kiwi Dibaca : 233

Pastikan Pasokan Mencukupi
Ali Nasrun Pengamat Ekonomi Untan
Pengalihan bahan bakar tanpa proses yang naik, pasti akan mengakibatkan kenaikan harga karena adanya kelangkaan. Ada dua hal yang penting. Pertama soal sosialisasi kepada masyarakat, bahwa akan ada pengurangan Premium, dan hampir semua barang bersubsidi dan diganti dengan Pertalite.

Hal ini merupakan kebijakan pemerintah untuk mengurangi beban subsidi dan dialihkan ke hal lain. Kedua, saat pengalihan, harus benar-benar tergantikan. Artinya, jika kebutuhan sebelumnya sekian ribu liter, maka ketika diganti besaran sama harus diberikan. Malah jika bisa, harus lebih banyak.

Yang menghambat masyarakat adalah kelangkaan. Kuantitas dalam mengganti harus sama. Jika tidak akan ada kelangkaan. Ditambah dengan kepanikan warga, maka akan mengganggu aktivitas masyarakat. Baik dalam produksi maupun dalam konsumsi. Maka wajar ketika kegiatan masyarakat, aktivitasnya tergantung.

Contoh untuk nelayan, itu merupakan gangguan dalam produksi. Efek domino akan dirasakan juga dengan komoditas ikan yang berkurang, sampai akhirnya jadi mahal. Di daerah, hal ini sangat sensitif. Apalagi sampai barang tidak ada. Hal ini harus diperhatikan pemerintah, bahwa ketersediaan suplai harus cukup bahkan lebih.

Karena pemerintah sudah mencabut subsidi dan perhitungan seharusnya sudah murni soal bisnis. Untuk soal ini juga tidak perlu ada jangka waktu yang ditetapkan. Jika masyarakat sudah paham, tentu sudah bisa menyiapkan diri. Tidak perlu waktu berbulan-bulan sepanjang informasi sudah sampai.

Yang jadi masalah, ada isu yang beredar dan buat panik warga. Yang paling buruk, subsidi dicabut dan barang di pasaran tidak ada. (bls/lis)