Miris, Bertahun Warga Pedalaman Kapuas Hulu Tak Rasakan Jaringan Seluler

Kapuas Hulu

Editor Andrie P Putra Dibaca : 258

Miris, Bertahun Warga Pedalaman Kapuas Hulu Tak Rasakan Jaringan Seluler
Ilustrasi. Net
PUTUSSIBAU,SP - Minimnya jaringan telekomunikasi menjadi permasalahan serius yang saat ini dihadapi oleh masyarakat di Bumi Uncak Kapuas. Terlebih untuk masyarakat yang berada di wilayah terisolir di pedalaman kabupaten paling timur Kalbar ini.

Kepala Desa Nanga Empangau Hulu, Kecamatan Bunut Hilir,  Kabupaten Kapuas Hulu, Joni Karyadi mengatakan, selama ini warganya sudah sering meminta kepadanya agar dibangunkan tower telekomunikasi demi mempermudah komunikasi dengan dunia luar.

"Permintaan masyarakat tersebut telah kami tindaklanjuti dengan membuatkan proposal permohonan pembangunan ke Dinas Perhubungan," katanya, kemarin.

Namun sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan kepastian.

Hal yang sama diutarakan Kades Kelibang, Kecamatan Bunut Hulu, Yusuf Basuki. Dia berharap Kementerian Komunikasi dan Informatika membangun tower telekomunikasi untuk masyarakat di desanya.

Menanggapi persoalan ini, Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfo-Statistik) Kapuas Hulu D William menyatakan, di tahun 2017 Kabupaten Kapuas Hulu telah mendapatkan sembilan tower mini. Dengan jarak tempuh pancaran sinyal sekitar dua kilometer. (sap)