Masyarakat Kapuas Hulu Dukung Lasarus jadi Gubernur

Kapuas Hulu

Editor Kiwi Dibaca : 765

Masyarakat Kapuas Hulu Dukung Lasarus jadi Gubernur
SAMBUTAN - Wakil Ketua Komisi V DPR RI Lasarus saat memberikan sambutan pada acara tatap muka dengan Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu, di aula rumah Dinas Kantor Bupati setempat, Senin (6/11) malam
PUTUSSIBAU, SP - Sejumlah masyarakat di Kabupaten Kapuas Hulu mendukung Anggota DPR RI Lasarus maju untuk mencalonkan diri menjadi Gubernur Kalbar pada Pilgub Kalbar 2018 mendatang.  

Warga Kecamatan Bunut Hilir Paridawati mengatakan, sudah saatnya Lasarus maju menjadi Gubernur Kalbar, mengingat Anggota DPR RI tersebut telah banyak berbuat untuk masyarakat Bumi Uncak Kapuas, yakni dengan menyuarakan aspirasi masyarakat di tingkat pusat.  

"Aspirasi masyarakat yang diusahakan Lasarus itu seperti jalan, tangki air, indukan ikan dan masih banyak lagi lainnya," ujarnya, Selasa (7/11).  

Dijelaskannya, Kecamatan Bunut Hilir merupakan daerah terpencil dan terisolir, namun kondisi tersebut tidak mematahkan semngat Lasarus untuk mengunjungi masyarakat yang berada dipesisir sungai kapuas tersebut.  

"Lasarus sudah pernah mengunjungi Danau Lindung Sunjung di desa kami, beliau berjanji akan memberikan bibit ikan untuk dilepaskan di danau itu," katanya.  

Masyarakat Kecamatan Putussibau Selatan, Sutinah mengatakan, disaat yang lain masih mengobral janji, sementara Lasarus sudah menunjukkan bukti nyata kepada masyarakat. Selama ini Lasarus telah memenuhi komitmennya, sekarang sudah saatnya masyarakat yang kembali harus mendukung Lasarus.  

"Lasarus sudah sering berkunjung ke Kapuas Hulu, bukan hanya menjelang Pilgub Kalbar saja, beliau juga biasanya mengunjungi wilayah perbatasan RI-Malaysia," terangnya.  

Pasca isu Lasarus Maju pada Pilgub 2018 mendatang, Lasarus terus diserang oleh okunum elite politik yang tidak bertanggungjawab, dimana Baliho Lasarus dirusak dan hal tersebut terjadi di wilayah lain juga.  

"Ada yang ambisi kekuasaan dan berusaha menjegal Lasarus agar tidak maju mencalonkan diri menjadi gubernur," katanya.   Sementara itu, Anggota DPR RI Lasarus mengatakan, dirinya siap maju untuk bertarung dalam Pilgub Kalbar 2018 mendatang. Hanya saja saat ini PDIP belum memberikan keputusan siapa yang akan dimajukan dalam Pilgub Kalbar 2018 mendatang.  

"Saat ini masih proses di internal partai, nantinya akan diumumkan oleh Ketum siapa yang akan maju dicalonkan dari PDIP, kita tunggu saja," katanya saat diwawancarai usai melaksanakan kegiatan di rumah Dinas Bupati Kapuas Hulu, Senin (6/11) malam.  

Dikatakan Lasarus, yang namanya orang politik harus siap maju bila telah ditunjuk oleh partai. Terkait kunjungan ke Kapuas Hulu dirinya mengatakan tidak ada kaitannya dengan Pilgub 2018 mendatang, melainkan membahas tentang izin galian C yang menghambat proses pembangunan di Kapuas Hulu.  

"Pada intinya sampai saat ini saya masih terus memperjuangkan aspirasi masyarakat Bumi Uncak Kapuas, utamanya seperti infrastruktur dan kebutuhan lainnya yang diperlukan masyarakat ke pemerintah pusat," terangnya.  

Sementara itu, Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir mengatakan, kedatangan Lasarus ke Kapuas Hulu untuk memperjuangkan masalah pembangunan yang saat ini terhambat karena masalah izin galian C.  

"Agustus 2017 baru keluar lima pemegang izin galian C di Kapuas Hulu, setelah itu barulah kami berani melakukan lelang, kalau tidak begitu nanti menyalahkan aturan lagi," katanya.  

Dijelaskannya, dengan adanya undang-undang 23 tahun 2014 kewenangan perijinan galian C terletak di provinsi dan prosesnya akan memakan waktu yang panjang, tidak mungkin anggaran yang ada akan mampu terserap optimal dalam tahun 2017 ini.  

"Serapan anggaran saat ini sangat jauh terhambat, khususnya untuk konstruksi pengadaan barang dan jasa. Kami berharap tahun depan banyak lagi izin galian C yang dikeluarkan," pungkasnya. (kombis/sap/pul)